Implementasi Strategi Pembelajaran inkuiri Dalam Meningkatkan Motivasi belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Ahlak Di MTs Satu Atap Nurul Islam Sempolan Silo Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Heria, Ms. (2015) Implementasi Strategi Pembelajaran inkuiri Dalam Meningkatkan Motivasi belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Ahlak Di MTs Satu Atap Nurul Islam Sempolan Silo Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Heria_084 091 074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal, banyak hal yang menjadi pendorong dan penentu ketercapaiannya. Salah satunya adalah faktor mativasi siswa yang baik. Baik itu motivasi yang sifatnya datang dari dalam diri siswa (motivasi intrinsik) ataupun motivasi yang datangnya dari luar (ekstrinsik). Motivasi bisa muncul dengan baik antara lain kalau guru dapat menerapkan strategi pembelajaran dengan baik dan benar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1). Bagaimana implementasi strategi pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan motivasi Intrinsik belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Ahlak di MTS Satu Atap Nurul Islam Sempolan Silo Jember tahun pelajaran 2014/2015? (2) Bagaimana implementasi strategi pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan motivasi Ekstrinsik belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Ahlak di MTS Satu Atap Nurul Islam Sempolan Silo Jember tahun pelajaran 2014/2015?, Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan motivasi Intrinsik belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Ahlak di MTs Satu Atap Nurul Islam Sempolan Silo Jember tahun pelajaran 2014/2015. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan motivasi Ekstrinsik belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Ahlak di MTs Satu Atap Nurul Islam Sempolan Silo Jember tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun metode analisis data yang digunakan adalah Deskriptif reflektif, yaitu, analisa yang menggambarkan fenomena-fenomena secara objektif yang terdapat pada objek penelitian, selanjutnya dianalisa dengan mendialogkan data teoretik dan empiris secara bolak-balik dan kritis. Pemeriksaan datanya menggunakan trianggulasi sumber, yang berarti membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda. Hasil penelitian ini adalah: (1). Motivasi intrinsik siswa MTs Satu Atap Nuris Sempolan cukup menunjang, sehingga dalam proses pembelajaran seharihari proses pembelajaran berjalan efektif. Dengan penanaman nilai keagamaan dalam rutinitas keseharian siswa. Seperti rasa keingintahuan siswa, sikap mandiri, adanya kebutuhan siswa, adanya pengetahuan kemajuan diri, adanya cita-cita dan tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. (2) Motivasi ekstrinsik siswa dapat ditingkatkan oleh guru dengan penerapan strategi pembelajaran inkuiri. Bentuk pengimplementasiannya yaitu dengan dilakukannya dengan meningkatkan sarana prasarana belajar siswa, meningkatkan kualitas mengajar dan strategi guru, sistem reward dan punishment dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:25
Last Modified: 20 Mar 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20646

Actions (login required)

View Item View Item