Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Transparansi Dan Akuntabilitas Sirkulasi Keuangan Desa Randuati Nguling Pasuruan.

Humairoh, Ms. (2017) Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Transparansi Dan Akuntabilitas Sirkulasi Keuangan Desa Randuati Nguling Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Humairoh_083 134 023.pdf

Download (15MB)

Abstract

Pengembangan masyarakat didasari sebuah cita-cita bahwa masyarakat bisa dan harus mengambil tanggung jawab dalam merumuskan kebutuhan, mengusahakan kesejahteraan, menangani sumber daya, dan mewujudkan tujuan hidup mereka sendiri. Transparansi dan akuntabilitas menjadi suatu hal yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan disetiap organisasi, baik organisasi pemerintahan maupun organisai non pemerintahan. Transparansi merupakan suatu keharusan dalam sebuah organisasi, secara terbuka menyediakan informasi yang material dan relevan serta mudah diakses dan dipahami oleh semua pihak. Sedangkan akuntabilitas adalah kewajiban organisasi untuk memberikan pertanggungjawaban atau menjawab dan menerangkan kinerja serta tindakan seseorang pemimpin suatu unit organisasi kepada pihak yang memiliki hak atau yang berwenang meminta pertanggungjawaban lembaga administrasi Negara dan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana pengembangan ekonomi desa dengan adanya transparansi sirkulasi keuangan desa Randuati Nguling Pasuruan?. Dan bagaimana pengembangan ekonomi desa dengan adanya akuntabilitas sirkulasi keuangan desa Randuati Nguling Pasuruan?. Dengan adanya permasalahan tersebut peneliti hendaklah merumuskan permasalahan dengan jelas, kongkrit serta bagaimana kita mengetahui bahwa setiap kegiatan mempunyai tujuan tersendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan ekonomi desa dengan adanya transparansi dan akuntabilitas sirkulasi keuangan desa Randuati Nguling Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) karena data penelitian ini diperoleh dari masyarakat melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan adanya sistem transparansi dan akuntabilitas segala rencana desa akan terlaksana dengan baik berupa sarana dan prasarana yang dapat menunjang perkembangan ekonomi desa sesuai yang di harapkan bersama. Di samping itu di setiap melaksanakan pembangunan desa bagian aparat desa memberikan informasi kepada warga Desa Randuati agar mengetahui apa saja yang telah direncanakan oleh desa itu sendiri melalui pertemuan-pertemuan antara pemerintah desa dan warga desa itu sendiri, serta dapat menunjang perkembangan ekonomi desa, seperti halnya dapat memastikan program-program pembangunan tersebut benar- benar dilaksanakan sesuai prosedur yang sebagai mestinya. Dengan akuntabilitas maka dapat diketahui perkembangan ekonomi desa dari tahun ke tahun berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:25
Last Modified: 20 Mar 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20649

Actions (login required)

View Item View Item