Penerapan Metode Wafa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Rahmah Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017.

Irnawati, Ms. (2016) Penerapan Metode Wafa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Rahmah Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Irnawati_084 121 010.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penerapan metode wafa dalam belajar Al-Quran, dikarenakan metode ini menggunakan otak kanan yang bersifat long term memory dan merujuk pada konsep quantum teaching dengan pola tandur (tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi dan rayakan) memudahkan pesertadidik. Proses pembelajaran dilakukan dengan menyentuh sisi imajinasi, kekuatancerita, kreatifitas, menyanyi hingga gerakan yang akan memberikan inovasi untuk mempercepat pembelajaran Al-Quran. Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Rahmah Yosowilangun merupakan Sekolah pertama yang menerapkan metode wafa. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode wafa dalam belajar membaca Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Terpadu ArRahmah Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana penerapan metode wafa dalam belajar menulis Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Rahmah Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana penerapan metode wafa dalam belajar menghafal Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Rahmah Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode wafa dalam belajar membaca Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Rahmah Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis yang bersifat deskriptif, menganalisis penerapan metode wafa dalam belajar membaca Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Rahmah Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam, observasi partisipatif pasif dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Penerapan metode wafa dalam membaca Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Rahmah Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017 dilakukan dengan pola tandur, membaca dimulai dengan kata yang sering didengar oleh peserta didik. Dengan begitu peserta didik dengan mudah menguasai beberapa bacaan dari Al-Quran. 2) Penerapan metode wafa dalam menulis Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Terpadu ArRahmah Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017 dilakukan dengan pola tandur, peserta didik dapat mengetahui cara menulis huruf-huruf Arab ditambah dengan contoh gambar yang disajikan. 3) Penerapan metode wafa dalam menghafal Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Rahmah Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017 dilakukan dengan pola tandur, dapat mempercepat dan memudahkan peserta didik dalam menghafal lafadz dan terjemahan Al-Quran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:25
Last Modified: 20 Mar 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20650

Actions (login required)

View Item View Item