Profil Wanita Shalihah: Analisis Kepribadian Fatimah Az-Zahra Binti Rasulullah SAW dan Peran Edukatifnya dalam Keluarga (Perspektif Hadis Bukhori Muslim)

Istifardah, Ms. (2017) Profil Wanita Shalihah: Analisis Kepribadian Fatimah Az-Zahra Binti Rasulullah SAW dan Peran Edukatifnya dalam Keluarga (Perspektif Hadis Bukhori Muslim). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Istifardah_084131090.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu keutamaan Islam adalah bahwa agama ini benar-benar menempatkan wanita pada posisi yang mulia, mengukuhkan nilai-nilai kemanusiaan yang ada pada dirinya. Wanita Shalihah merupakan bagian dari kunci kebahagiaan dalam mengarungi kehidupan. Seorang wanita shalihah adalah wanita yang selalu bertaqwa kepada Allah SWT dengan mengamalkan sunah-sunah Rasulullah dan menjahui larangan-larangannya. Karena dengan taat kepada Rasulullah dengan sendirinya ia akan taat kepada Allah. Dan dalam hadits juga disebutkan bahwasannya wanita shalihah adalah puncak kesenangan dunia. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana profil wanita shalihah dalam perspektif hadis Bukhori Muslim? 2) Bagaimana kepribadian Fatimah Az-Zahra? 3) Bagaimana peran edukatifnya Fatimah Az-Zahra dalam keluarga? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan profil wanita shalihah dalam perspektif hadis Bukhori Muslim. 2) Untuk mendeskripsikan kepribadian Fatimah Az-Zahra. 3) Untuk mendeskripsikan peran edukatifnya Fatimah AzZahra dalam keluarga. Berkaitan dengan fokus masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library resesarch.). Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi, Menurut Winarno Sarachman menjelaskan bahwa metode dokumentasi adalah laporan tertulis mengenai pemikiran/peristiwa dan ditulis dengan sengaja untuk menyimpan/ meluruskan mengenai peristiwa tersebut. Kemudian metode analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Serta keabsahan data menggunakan trianggulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber karena berdasarkan jenis penelitiannya yaitu penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat dikemukakan kesimpulan, 1) Wanita shalihah dalam surat An-Nisa’ 34 merupakan sosok wanita yang mempunyai ciri taat dan memelihara diri. Taat yang dimaksud adalah taat kepada Allah, yakni berpegang teguh pada ajaran agama, dan taat kepada suami yakni menerima kepemimpinan suami dalam kehidupan keluarga, karena surat AnNisa’ ayat 34 ini konteksnya mengarah kepada kehidupan keluarga. Didalam sebuah hadis bahwa: dunia itu semuanya menyenangkan dan sebaik-baik kesenangan dunia adalah wanita shalihah. 2) Kepribadian Fatimah Az-Zahra selama hidup senantiasa tampil sebagai sosok perempuan yang tegas dalam memegang teguh kebenaran Islam. Ia selalu berusaha mencegah diri dari tindakantindakan yang sia-sia, menyibukkan diri dengan ibadah, serta turut membela perjuangan ayahnya dalam menegakkan Islam. 3) Peran edukatif Fatimah AzZahra dalam keluarga dapat dilihat dari posisinya dalam keluarga yakni sebagai seorang putri, seorang istri dan seorang ibu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:26
Last Modified: 20 Mar 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20653

Actions (login required)

View Item View Item