Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Thoyyib Hasyim Probolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015.

Istiharoh, Ms. (2015) Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Thoyyib Hasyim Probolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. ISTIHAROH_084 113 088.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada saat ini, kepala madrasah merupakan kunci keberhasilan yang menaruh perhatian tentang apa yang terjadi di madrasah. Peran kepala madrasah dituntut untuk senantiasa berusaha membina, mengembangkan dan meningkatkan kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia) di suatu lembaga pendidikan untuk mewujudkan madrasah yang bermutu dan berkualitas. Pentingnya peranan kepala madrasah didasarkan pada pemahaman. Bahwa, keberhasilan madrasah merupakan keberhasilan kepala madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Fokus penelitian pada 1) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai administrator dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Thoyyib Hasyim Probolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015?, 2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Thoyyib Hasyim Tahun Pelajaran 2014/2015?, dan 3) Bagaimana peran kepala madarasah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Thoyyib Hasyim Probolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015?. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif deskriptif, penentuan sumbernya adalah Purposive Sampling sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Dan metode analisa data kualitatif deskriptif menggunakan Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan dan keabsahan menggunakan trianggulasi metode. Dari hasil penelitian, 1) peran kepala madrasah sebagai administrator dalam meningkatkan profesionalisme guru MTs Thoyyib Hasyim Probolinggo, (a) di bidang pengelolaan kurikulum yaitu memberikan bimbingan dan binaan kepada guru, (b) di bidang pengelolaan peserta didik yaitu mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik, (c) di bidang pengelolaan personalia dengan mengikuti penataran, pelatihan dan workshop, (d) di bidang sarana prasarana yaitu madrasah melakukkan merencanakan, penyediaan dan memelihara sarana prasarana madrasah, (e) di bidang pengelolaan keuangan yaitu madrasah melakukan pencatatan semua pemasukan dan pengeluaran dan dilaporkan kepada yayasan. 2) Peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Thoyyib Hasyim Probolinggo, (a) berkepribadian, memberikan teladan bagi guru dan siswanya dengan bersifat jujur dan transparan, (b) berpengetahuan terhadap tenaga kependidikan yaitu melakukan pendekatan dengan memahami karakter dan kondisi dari masing-masing guru, (c) pengembangan visi dan misi madrasah dengan memberikan bimbingan dan binaan kepada guru dan siswa, (d) kemampuan mengambil keputusan yakni berani menanggung resiko yang diputuskan secara bersama-sama, (e) kemampuan berkomunikasi, yang dilakukan secara vertikal dan horizontal. 3) Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme MTs Thoyyib Hasyim Probolinggo, (a) tehnik digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix perorangan yaitu dengan memberikan tanggungjawab kepada guru sebelum proses pembelajaran di kelas, (b) tehnik kelompok yaitu mengadakan rapat untuk membahas tentang evaluasi prestasi siswa-siswi kedepan, mengikuti pelatihan, penataran yang diputuskan dengan diskusi bersama guru-guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:26
Last Modified: 20 Mar 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20654

Actions (login required)

View Item View Item