Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Kontrak Di Indomaret Rambipuji Jalan Mangunsarkoro Nomor 2 Cabang Jember (Tinjauan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Dan Hukum Islam ).

Diharjo, Harjo (2018) Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Kontrak Di Indomaret Rambipuji Jalan Mangunsarkoro Nomor 2 Cabang Jember (Tinjauan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Dan Hukum Islam ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Harjo Diharjo_083132060.pdf

Download (39MB)

Abstract

Pada era perdagangan bebas banyak negara berkembang tidak memberikan perlindungan terhadap Hak-hak pekerja dalam Undang-undang ketenagakerjaan indonesia, yang di dalamnya mencakup perlindungan tenaga kerja merupakan hal yang harus diperjuangkan supaya harkat dan martabat tenaga kerja ikut terangkat. Perlindungan tenaga kerja di maksudkan untuk menjamin hak-hak dasar pekerja dengan tetap memperhatikan perkembangan kemajuan dunia usaha nasional dan internasional. Dalam rangka memberikan kepastian hukum dibidang ketenagakerjaan, pemerintah telah memperhatikan kemajuan dunia usaha, yaitu dengan mengeluarkan Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Dan dalam hal ini hukum islam sebagai landasan hukum paling utama juga dijadikan bahan pedoman. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Hak-hak pekerja kontrak d Indomaret Jalan Mangunsarkoro Nomor 2 cabang Jember menurut tinjauan Undangundang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan ?. (2 ).Bagaimana Perlindungan Hukum pekerja kontrak di Indomaret Rambipuji Jalan Mangunsarkoro Nomor 2 cabang Jember? (3).Bagaimana Perlindungan Hukum pekerja kontrak ditinjau dari Hukum Islam? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendiskripsikan Hakhak pekerja kontrak d Indomaret Jalan Mangunsarkoro Nomor 2 cabang jember menurut tinjauan Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (2) Mendiskripsikan Perlindungan Hukum pekerja kontrak di Indomaret Rambipuji Jalan Mangunsarkoro Nomor 2 cabang Jember. (3) Mendiskripsikan Perlindungan Hukum pekerja kontrak ditinjau dari Hukum Islam. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pekerja telah mendapatkan hak jam istirahat secara bergantian dan kondisional dengan keadaan toko. hak pekerja kontrak berupa pengupahan setiap satu bulan telah terpenuhi. Dalam memelihara keselamatan dan kesehatan kerja berdasarkan kesejahteraan pekerja memberikan program BPJS (jaminan hari tua dan jaminan pensiun) yang setiap bulannya dipotong dari upah/ gaji yang diperoleh. (2) Dari ketiga bidang pekerja kontrak yang terdapat di Indomaret Jalan Mangunsarkoro Nomor 2 cabang Jember tersebut merupakan pekerjaan pokok bersifat tetap, terus menerus. perjanjian kerja tertentu di perusahaan Indomaret terdiri dari beberapa jangka waktu yaitu Perjanjian berjangka I ½ (satu setengah) tahun dan Perjanjian berjangka 3 (tiga) tahun. Mengenai hari dan jam kerja karyawan telah di atur dalam perjanjian kerja waktu tertentu oleh perusahaan Indomaret Jalan Mangunsarkoro Nomor 2 cabang Jember. (3) Ada ketidaksesuaian antara kontrak kerja dan Praktek kerjanya jadi ada pihak yang dirugikan yaitu karyawan. Hak-hak karyawan sebagai seorang muslim juga tidak terpenuhi dan merasa hak-haknya di langgar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1802 Maori Law > 180299 Maori Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:26
Last Modified: 20 Mar 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20656

Actions (login required)

View Item View Item