Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015

Jamila, Ms. (2015) Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Jamila_084 113 042.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sekolah merupakan bagian integral dari masyarakat, masyarakat pemilik sekolah, sekolah ada karena masyarakat, saling ketergantungan antara sekolah dengan masyarakat, sekolah merupkan lembaga sosial yang melayani pendidikan masyarakat. Kerjasama sekolah dengan masyarakat akan mendorong kemajuan sekolah sesuai harapan masyarakat. Masyarakat dapat berperan serta dalam semua aspek manajemen sekolah mulai dari perencanaan program, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program termasuk keuangan. partisipasi masyarakat sangat diperlukan, dan masyarakat harus menjadi partner sekolah/madrasah karena kerjasama diantara keduanya sangat penting dalam membentuk pribadi peserta didik. Dalam suasana yang demikian, sekolah sebagai lembaga sosial memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai partner masyarakat dan sebagai penghasil tenaga kerja terdidik Sekolah juga harus bertanggung jawab terhadap perubahan masyarakat Dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah (MBS/M), peran serta dan dukungan masyarakat, baik dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan sangat dibutuhkan. Untuk menampung peran serta masyarakat dalam dunia pendidikan, maka dibentuklah Komite Madrasah Fokus Penelitian Ini Adalah: (1) Bagaimana Peran Komite Madrasah sebagai Advisory Agency dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015. (2) Bagaimana Peran Komite Madrasah sebagai Supporting Agency dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015. (3). Bagaimana Peran Komite Madrasah sebagai Controlling Agency dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015. (4). Bagaimana Peran Komite Madrasah sebagai Mediating Agency dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk keabsahan datanya dicek menggunakan teknik triangulasi sumber dan riangulasi teknik. Komite Madrasah MAN Bondowoso sebagai mitra kerja kepala sekolah telah memberikan pertimbangannya (Advisory Agency) dalam setiap rencana dan program yang disusun oleh sekolah, misalnya dalam hal Memberikan kebijakan, pengadaan sarana dan prasarana, serta pengambilan keputusan. komite sekolah juga memberikan masukan dan pertimbangan dalam menetapkan RAPBS, memberikan pertimbangan dalam pelaksanaan proses pengelolaan pendidikan di sekolah dan mengidentifikasi digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vii sumber daya pendidikan yang ada dalam masyarakat untuk dipertimbangkan dan diperbantukan di sekolah. 2) Sebagai pendukung (supporting agency): peran komite sekolah sebagai badan pendukung bagi penyelenggaraan dan upaya peningkatan mutu pendidikan terutama pendidikan agama Islam di MAN Bondowoso ini berupa dukungan finansial, tenaga, dan dukungan fikiran. 3) Sebagai pengontrol (controlling agency): komite sekolah di MAN Bondowoso melakukan kontrol terhadap pengambilan keputusan dan perencanaan pendidikan di sekolah, di samping alokasi dana dan sumber daya bagi pelaksanaan program di sekolah. 4) sebagai mediator: Komite sekolah di MAN Bondowoso ini banyak memberi manfaat, yang mana dengan adanya komite sekolah, aspirasi siswa dan orang tua dapat tersalurkan dan terwakilkan. Selain itu, pihak sekolah juga selalu mendapat support dari komite sekolah agar terus dapat meningkatkan mutu pendidikan terutama mutu pendidikan agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:26
Last Modified: 20 Mar 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20657

Actions (login required)

View Item View Item