Peran Tokoh Agama Islam dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari 2017

Jamilah, Ms. (2017) Peran Tokoh Agama Islam dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Jamilah_084 131 121.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bangsa Indonesia terdiri dari masyarakat yang majemuk dari segi suku, budaya, adat-istiadat maupun agama. Untuk membangun persatuan dalam masyarakat yang beragam seperti Indonesia, dibutuhkan pendidikan agama Islam berbasis multikultural. Inisiatif yang diprakarsai oleh masyarakat sendiripun terbilang rendah. Masi banyak masyarakat yang tidak mengerti akan keberagaman yang ada. Mungkin saja bisa ditingkatkan melalui penguatan dari para tokoh agama Islam yang ada di lingkungan masyarakat Sukoreno. Dimana tokoh agama Islam merupakan tokoh dalam komunitas umat beragama baik memimpin ataupun tidak memimpin ormas keagamaan diakui dan dihormati oleh masyarakat setempat sebagai panutan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana peran dan fungsi tokoh agama Islam dalam menanamkan pendidikan agama Islam berbasis multikultural dalam kehidupan masyarakat di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari 2017? 2. Bagaimana persepsi tokoh agama Islam tentang pendidikan agama Islam di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari 2017 ? 3. Apa saja faktor pendukung dan penghambat tokoh agama Islam dalam menanamkan pendidikan agama Islam berbasis multikultural di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari 2017 ? Tujuan penelitian ini adalah mendeskrisikan peran tokoh agama Islam dalam menanamkan pendidikan agama Islam berbasis multikultural di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis fenomenologi, penentuan subjek penelitian menggunakan informan diantaranya: Kepala Desa, Tokoh Agama Islam, dan Masyarakat. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan utnuk menecek keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan metode. Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa (1) Peran dan fungsi tokoh agama Islam dalam menanamkan pendidikan agama Islam berbasis multikultural dalam kehidupan masyarakat diantaranya yaitu sebagai motivator, instruktif, dan partisipasi. (2) Persepsi tokoh agama Islam tentang pendidikan agama Islam berbasis multikulutral yaitu dikenal dengan istilah toleransi dalam Islam. Dimana dalam toleransi ini kita saling menghormati, menghargai dan membiarkan orang lain untuk menganut kepercayaannya masingmasing. (3). Faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan pendidikan agama Islam berbasis multikultural: a. Faktor pendukung meliputi: sikap tasamuh, dan menciptakan kedamaian. b. Faktor penghambat meliputi: adanya aliran baru, dan ekslusifisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:26
Last Modified: 20 Mar 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20660

Actions (login required)

View Item View Item