Upaya Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werda (Upt Pstw) JemberDalam Pemberdayaan Masyarakat Lanjut Usia Di Desa KasianKecamatan Puger Kabupaten Jember

Juma'ah, Ms. (2019) Upaya Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werda (Upt Pstw) JemberDalam Pemberdayaan Masyarakat Lanjut Usia Di Desa KasianKecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Juma’ah_082144016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada masa tua atau yang dikenal dengan masa lanjut usia ini adalah masa dimana akan mengalami penurunan fungsi kognitif dan psikomotoriknya, dalam arti bahwa dimasa ini akan kembali seperti anak-anak lagi yang membutuhkan perhatian dan pendampingan dari orang lain, lanjut usia memerlukan bantuan untuk mengurus dirinya. Salah satunya upaya UPT PSTW Jember dalam melakukan pemberdayaan masyarakat lanjut usia agar lanjut usia menikmati dalam menjalani kehidupanya dengan adanya pemberdayaan tersebut. Fokus penelitian ini di antaranya: 1) Bagaimana upaya UPT PSTW Jember dalam pemberdayaan Masyarakat lanjut usia Kecamatan Puger Kabupaten Jember? 2) Bagaimana manfaat yang diperoleh masyarakata lanjut usia dalam mengikuti kegiatan pemberdayaan yang dilaksanakan oleh UPT PSTW Jember ? Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk memahami upaya UPT PSTW Jember dalam pemberdayaan Masyarakat lanjut usia Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Untuk memahami manfaat yang diperoleh masyarakata lanjut usia dalam mengikuti kegiatan pemberdayaan yang di laksanakan oleh UPT PSTW Jember. Metode penelitian menggunkan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informannya menggunakan teknik purposive, sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan mengambil sumber data dari pimpinan TU UPT PSTW Jember, staff dan peksos, dan para lanjut usia UPT PSTW Jember. Analisa yang digunakan yakni reduksi data, display data, kesimpulan. keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Upaya UPT PSTW Jember dalam pemberdayaan Masyarakat lanjut usia bertujuan untuk mensejahterakan lanjut usia melalui pemberdayaan, serta dalam tugasnya UPT PSTW Jember telah melaksakan beberapa upaya yaitu: meningkatkan kesejahteraan hidup, meningkatkan pengetahuan agama, menggalih potensi seni-keterampilan, 2) manfaat yang diperoleh masyarakat lanjut usia dalam mengikuti kegiatan pemberdayaan yang dilaksakan oleh UPT PSTW Jember yaitu masyarakat lanjut usia hidup sejahterah dan berdaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:26
Last Modified: 20 Mar 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20661

Actions (login required)

View Item View Item