Penerapan Hukuman Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMP Asy-Syuja’i Rowotamtu Rambipuji Jember.

Maksum, Ms. (2015) Penerapan Hukuman Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMP Asy-Syuja’i Rowotamtu Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Maksum_084 104 023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sehubungan dengan tujuan pendidikan sebagaimana terungkap di atas yakni untuk mengembangkan potensi kognitif, sikap dan keterampilan peserta didik maka pendidik/tenaga kependidikan memikul tanggung jawab untuk membimbing, mengajar dan melatih murid atas dasar norma-norma yang berlaku baik norma agama, adat, hukum, ilmu dan kebiasaan-kebiasaan yang baik. Untuk mewujudkan tujuan itu perlu ditanamkan sikap disiplin, tanggung jawab, berani mawas diri, beriman dan lain-lain. Hukuman pun sering diterima siswa manakala mereka melanggar tata tertib yang telah disepakati. Hukuman itu dimaksudkan sebagai upaya mendisiplinkan siswa terhadap peraturan yang berlaku. Sebab, dengan sadar pendidik memegang prinsip bahwa disiplin itu merupakan kunci sukses hari depan. Apakah bentuk-bentuk hukuman bisa dikembangkan untuk mendisiplinkan siswa? Pertanyaan seperti inilah menjadi dilema bagi kaum pendidik dalam mengemban kewajiban dan tanggung jawabnya. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan hukuman dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Asy-Syuja’i Rowotamtu Rambipuji Jember ?. Dimana sub fokus penelitian meliputi : (a) Bagaimanakah penerapan hukuman di SMP Asy-Syuja’i Rowotamtu Rambipuji Jember?, (b) Bagaimanakah penerapan hukuman dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa SMP Asy-Syuja’i Rowotamtu Rambipuji Jember.? Tujuan penelitian untuk (a) Mendeskripsikan penerapan hukuman dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Asy-Syuja’i Rowotamtu Rambipuji Jember, (b) Mendeskripsikan penerapan hukuman di SMP Asy-Syuja’i di SMP AsySyuja’i Rowotamtu Rambipuji Jember, dan (c) Mendeskripsikan penerapan hukuman dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa SMP Asy-Syuja’i. Metode dan prosedur penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, penentuan sampel dengan menggunakan purposive sampling pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan Deskriptif kualitatif. Untuk mengukur kebenaran dan validitas data dengan triangulasi sumber data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan hukuman yang dilaksanakan di SMP Asy-Syuja’i Rowotamtu Rambipuji melalui beberapa prosedur dan hukuman tersebut merupakan hukuman yang mendidik bagi siswa, baik secara fisik maupun psikis, misalnya di suruh membersihkan kamar mandi, membaca yasiin, dan sebagainya yang manfaatnya tetap kembali kepada siswa itu sendiri. Selain itu, Penerapan hukuman yang dilaksanakan di SMP Asy-Syuja’i Rowotamtu Rambipuji terhadap siswa adalah untuk meningkatkan kedisiplinan, baik pada saat kegiatan pembelajaran maupun di luar kegiatan, hal tersebut mendapat respon positif dari berbagai pihak, baik dari pihak yayasan, sekolah, guru, dan orang tua. Sehingga dalam setiap tiga diadakan pertemuan antara pihak Yayasan, Sekolah, dan Orang Tua sebagai evaluasi terhadap kegiatan yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050199 Ecological Applications not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:30
Last Modified: 20 Mar 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20676

Actions (login required)

View Item View Item