Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membentuk Karakter Siswa MTs Al-Amiriyyah Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi.

Nasihuddin, Mohammad (2018) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membentuk Karakter Siswa MTs Al-Amiriyyah Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Nasihuddin_0849115021.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Karakter siswa Kepemimpinan Kepala Madrasah merupakan suatu aspek yang memiliki pengaruh yang sangat besar dalam proses pendidikan di Madrasah. Kepala Madrasah sebagai pemimpin harus berupaya mengembangkan pengetahuan dan keterampilanya dalam mengolah perubahan yang terjadi di Madrasah. Kepala Madrasah adalah sebagai otak untuk berpikir tentang masa depan Madrasah, sebagai mulut untuk berbicara mengeluarkan perintah untuk menggerakkan bawahannya, dan sebagai mata untuk melihat dan mengawasi apakah proses pendidikan di Madrasah berjalan dengan lancar. Begitu juga dengan Kepala Madrasah MTs Al-Amiriyyah Blokagung adalah orang yang berperan sentral terhadap pembentukan karakter peserta didiknya. Kepala Madrasah berharap agar akhlakul karimah yang mencerminkan karakter islami menjadi perangai peserta didiknya. Bagaimana Kepala Madrasah menjalankan kepemimpinannya untuk mewujudkan hal tersebut menjadi hal yang perlu untuk dikaji lebih mendalam. Karena kepemimpinan Kepala Madrasah di dalam suatu lembaga pendidikan mempunyai pengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didiknya. Fokus penelitian ini dikembangkan dalam dua fokus sebagai berikut: (1) Bagaimana Kepala Madrasah dalam Mengembangkan lingkungan kerja untuk membentuk karakter siswa MTs Al-Amiriyyah Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi? (2) Bagaimana Kepala Madrasah dalam memberikan layanan yang memuaskan untuk membentuk karakter siswa MTs Al-Amiriyyah Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi? Penelitian ini menggunakan kualitatif yang bersifat field research (penelitian lapangan) yang dilakukan di MTs Al-Amiriyyah Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi. Teknik pengumpulan data yang digunakan (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Dalam penelitian ini penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purpusive sampling. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan model intraktif Miles dan Huberman, yaitu; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam uji keabsahaan data, peneliti menggunakan triangulasi, yaitu tringulasi sumber, triangulasi metode dan diskusi sejawat. Dalam penelitian ini peneliti menemukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan berbagai pengembangan diri siswa di MTs Al-Amiriyyah Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi yaitu: (1) Kepala Madrasah dalam Mengembangkan lingkungan kerja untuk membentuk karakter siswa MTs Al-Amiriyyah Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi; Pertama, Memberikan Motivasi, kedua, Penempatan guru sesuai kompetensinya, ketiga, Melakukan Pendekatan Personal Kepala Madrasah Kepada Guru, Keempat, Penanaman nilainilai spiritual dalam lingkungan kerja. (2) Kepala Madrasah dalam memberikan layanan yang memuaskan untuk membentuk karakter siswa MTs Al-Amiriyyah Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi; pertama, penanaman disiplin kerja, kedua, Pelayanan Profesional, ketiga, Pemberian penghargaan kepada guru yang berprestasi, Keempat, Keterlibatan guru dalam kegiatan madrasah, kelima, Melakukan supervisi akademik kepada guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:30
Last Modified: 20 Mar 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20678

Actions (login required)

View Item View Item