Strategi Pengembangan Pendidikan Kedisiplinan untuk Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Siswa di Madrasah Aliyah ASHRI Jember

Masruro, Ms. (2015) Strategi Pengembangan Pendidikan Kedisiplinan untuk Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Siswa di Madrasah Aliyah ASHRI Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Masruro_084 111 101.pdf

Download (2MB)

Abstract

Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan, dan atau ketertiban. Kedisiplinan tidak bisa tertanam bila tidak dilatih atau dibiasakan dengan serius. Pengaruh pendidikan kedisiplinan terhadap pertumbuhan dan perkembangan jiwa anak sangatlah kuat, karena perilaku disiplin dapat memicu berbagai sifat yang baik seperti sifat tanggung jawab yang tinggi dan amanah. Pendidikan kedisiplinan ini harus dilatih dan ditumbuh kembangkan kepada diri anak, agar anak mampu melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik dan bertanggungjawab sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku. Berdasarkan latar belakang diatas, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana startegi pengembangan pendidikan kedisiplinan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa di Madarasah Aliyah ASHRI Jember? Sedangkan sub fokus penelitiannya adalah: 1) Bagaimana aplikasi strategi pengembangan pendidikan kedisiplinan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa di Madrasah Aliyah ASHRI Jember? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan kedisiplinan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa di Madrasah Aliyah ASHRI Jember? Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pengembangan pendidikan kedisiplinan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa di Madrasah Aliyah ASHRI Jember. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk mendeskripsikan aplikasi strategi pendidikan kedisiplinan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa di Madrasah Aliyah ASHRI Jember dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan kedisiplinan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa di Madrasah Aliyah ASHRI Jember. Metode yang digunakan dalam penetian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, sedangkan subyek penelitiannya menggunakan purposive sampling, tekhnik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Dari analisis tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa untuk mencapai hasil yang maksimal dalam rangka pelaksanaan strategi pengembangan pendidikan kedisiplinan di MA ASHRI Jember perlu adanya dukungan dari berbagai pihak untuk lebih memaksimalkan program yang telah ada seperti pembacaan iqro’bil qolam, sosialisasi, dan evaluasi yang rutin. Kemudian untuk dewan guru harus lebih maksimal dalam mensosialisaikan pendidikan kedisiplinan kepada siswa yaitu dengan pendekatan maupun pengarahanpengarahan tentang hidup disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:30
Last Modified: 20 Mar 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20679

Actions (login required)

View Item View Item