Supervisi Klinik dalam Meningktkan kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Al Utsmani Jambesari Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020.

Miarti, Ms. (2020) Supervisi Klinik dalam Meningktkan kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Al Utsmani Jambesari Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. MIARTI_0849117024.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Supervisi Klinik, Kinerja Guru Supervisi klinis adalah bentuk supervise yang difokuskan pada meningkatan mengajar dengan melalui siklus yang sistematik. Dalam perencanaan, pengamatan serta analisis yang intensif dan cermat tentang penampilan mengajar yang nyata, serta bertujuan mengadakan perubahan dengan cara yang rasional. Supervise klinis adalah proses membantu guru-guru memperkecil kesenjangan antara tingkah laku mengajar yang ideal. Fokus penelitian ini membahas : 1) Bagaimana perencanaan supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Al Utsmani Jambesari Bondowoso tahun Pelajaran 2019/2020?, 2) Bagaimana hasil Observasi supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Al Utsmani Jambesari Bondowoso tahun Pelajaran 2019/2020?, 3) Bagaimana Evaluasi dan tindak lanjut dalam melaksanakan supervisi klinis dalam Meningkatan Kinerja Guru di MTs Al Utsmani Jambesari Bondowoso tahun Pelajaran 2019/2020?, 4) Bagaimana hambatan dan solusi Supervisi Klinis dalam Meningkatan Kinerja Guru Al di MTs Al Utsmani Jambesari Bondowoso tahun Pelajaran 2019/2020? Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam proposal tesis ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dari data yang telah terkumpul selanjutnya akan dianalisis meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verification/penarikan kesimpulan. Selanjutnya data akan divalidasi dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Perencanaan supervisi klinis dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Al Utsmani Jambesari yaitu a) Berupa perencanaan program kegiatan pembelajaran, b) Melakukan pengembangan silabus dan rencana pembelajaran. 2) hasil Observasi supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Al Utsmani Jambesari yaitu: a) Menerapkan komponen keterampilan yang disepakati pada pertemuan awal. b) Memperhatikan kelengkapan catatan, focus, mencatat komentar, memperhatikan pola, membuat guru nyaman, sehingga pada kegiatan pembelajaran mulai dari permulaan mengajar guru tidak merasa kebingungan dan gelisah. 3) Evaluasi dan tindak lanjut dalam melaksanakan supervisi klinis dalam Meningkatan Kinerja Guru di MTs Al Utsmani Jambesari. a) Dengan menggunakan form penilaian pengawasan yang memuat beberapa kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi kinerja guru yang kesemuanya bertujuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar untuk meningkatkan mutu proses dan hasil mutu pembelajaran di MTs Al Utsmani. dengan cara setelah kegiatan kelas berakhir maka guru model beserta supervisor mengakhiri supervise, dilanjutkan dengan melakukan diskusi atau pertemuan balikan. b) pengamat diminta menyampaikan komentar atau hal yang baru yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan form penilaian pengawasan yang memuat beberapa kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi kinerja yang kesemuanya bertujuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar untuk meningkatkan mutu proses dan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:30
Last Modified: 20 Mar 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20684

Actions (login required)

View Item View Item