Perlindungan Hukum Terhadap Hak-Hak Konsumen Dalam Transaksi Melalui Media E-Commerce Dalam Perspektif Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah.

Megawati, Nur Imamah (2017) Perlindungan Hukum Terhadap Hak-Hak Konsumen Dalam Transaksi Melalui Media E-Commerce Dalam Perspektif Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Imamah Megawati_083132036.pdf

Download (3MB)

Abstract

E-commerce sebagai suatu perdagangan yang berbasis internet, telah mereformasi perdagangan konvensional dimana interaksi antara konsumen dan perusahaan yang sebelumnya dilakukan secara langsung menjadi interaksi yang tidak langsung. Ecommerce juga telah merubah paradigma bisnis klasik dengan menumbuhkanmodelmodel interaksi antara produsen dan konsumen di dunia virtual. Prinsip perdagangan dengan sistem pembayaran klasik dimana penjual dan pembeli bertemu secara fisik atau secara langsung kini berubah menjadi konsep telemarketing yakni perdagangan jarak jauh dengan menggunakan media internet yang tidak lagi membutuhkan pertemuan antara pelaku bisnis. Adanya cara baru dalam bertransaksi tersebut akhirnya melahirkan masalah baru dalam perlindungan hak dan kewajiban konsumen. Salah satu persoalan yang dirasakan paling sering muncul adalah tindakan curang dan penipuan.Selain itu, beberapa permasalahan yang muncul dalam transaksi elektronik antara lain : 1) Barang yang dipesan tidak dikirim; 2) Lamanya keterlambatan pengiriman barang; 3) Lambatnya penggantian uang muka atau seluruh jumlah yang telah dibayarkan; 4) Barang pesanan tidak sesuai dengan gambar atau keinginan konsumen, dan lain sebagainya. Di dalam kegiatan bisnis yang sehat terdapat keseimbangan perlindungan hukum antara konsumen dengan produsen. Berdasarkan paparan diatas maka penelitian ini hendak diarahkan pada upaya penegasan wujud perlindungan hukum terhadap hak-hak konsumen dalam transaksi melalui media e-commerce dalam konteks Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Maka rumusan masalah terfokus pada Bagaimana wujud perlindungan hukum terhadap hak-hak konsumen dalam perspektif undang-undang no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan kompilasi hukum ekonomi syariah dalam transaksi melalui media e-commerce? Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan wujud perlindungan hukum terhadap hak-hak konsumen dalam perspektif undang-undang no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan kompilasi hukum ekonomi syariah dalam transaksi melalui media e-commerce. Jenis penelitian yang digunakan adalah “library research” (kajian pustaka) dan pendekatan penelitian ini adalah pendekatan normatif yuridis. Jenis sumber data yang diperoleh dari Al-Qur’an, UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen,UU No. 11 Tahun 2008 tentang ITE, KUHPerdata, Kompilasi Hukum Ekonomi Syari’ah, buku bacaan yang berkaitan dengan perlindungan konsumen dalam transaksi e-commerce dan ditunjang dengan artikel-artikel yang berkaitan dengan fokus masalah. Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah masih belum sepenuhnya dapat melindungi hak-hak konsumen dalam melakukan transaksi melalui media e-commerce. Hal ini terlihat bahwa masih banyak hak-hak konsumen yang dilanggar dan tidak di penuhi oleh pelaku usaha yang di sebabkan karna banyak konsumen yang tidak mengetahui bahwa mereka telah di lindungi hak-haknya melalui UUPK dan KHES.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:30
Last Modified: 20 Mar 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20688

Actions (login required)

View Item View Item