Implementasi Budaya Religius dalam membentuk karakter religius dan Disiplin Peserta didik di SMP Negeri 2 Tenggarang. Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Jember.

Mufidah, Ms. (2019) Implementasi Budaya Religius dalam membentuk karakter religius dan Disiplin Peserta didik di SMP Negeri 2 Tenggarang. Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. MUFIDAH_0849315023.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci : Implementasi Budaya Religius, karakter religius, dan karakter disiplin Konteks penelitian ini adalah: Mengingat masih banyaknya peserta didik yang kurang memiliki karakter religius dan kedisiplinan, maka implementasi budaya religius adalah solusi terbentuknya karakter religius dan disiplin peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara empiris bagian-bagian yang telah dirumuskan dalam fokus penelitian, yaitu: Bentuk-bentuk implementasi budaya religius dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Negeri 2 Tenggarang dan Bentukbentuk implementasi budaya religius dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SMP Negeri 2 Tenggarang Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif deskriptif. Sumber datanya menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya adalah analisis kualitatif deskrptif dengan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Bentuk-bentuk Implementasi budaya religius dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Negeri 2 Tenggarang melalui dua bentuk yaitu; 4 S adalah singkatan dari Senyum: , Sapa, Salam, Sopan, dan Santun. Kedua, Bentuk-bentuk implementasi budaya religius dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SMP Negeri 2 Tenggarang diimplementasikan melalui Disiplin waktu: tujuannya adalah agar peserta didik dapat menggunakan waktunya secara efektif dalam berbagai aktivitas, termasuk disiplin waktu datang ke sekolah disiplin waktu dalam mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah. Disiplin dalam aturan: dalam menegakkan atauran itu membutuhkan keteladanan. Dan setiap peraturan memiliki sanksi yang mendidik yang bisa merubah ke arah yang lebih baik. Disiplin sikap: memberi pemahaman yang mendalam, latihan dan memberi keteladanan. Memberi pemahaman dan latihan melalui kegiatankegiatan keagamaan, memberi keteladanan melalui Uswah Hasanah yang dimulai dari diri sendiri. dan Disiplin Ibadah: ditunjukkan oleh kedisiplinan peserta didik dalam melaksanakan ibadah-ibadah yang sudah dibudayakan di sekolah seperti do’a sebelum dan sesudah pelajaran, sholat dhuhah, pembacaan surat-surat pendek, sholat dhuhur berjama’ah dan pembacaan asma’ul husna. Ibadah-ibadah ini dilaksanakan sesuai dengan waktunya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:31
Last Modified: 20 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20689

Actions (login required)

View Item View Item