Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Meningkatkan Jenjang Karir di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember.

Husnan, Riayatul (2018) Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Meningkatkan Jenjang Karir di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riayatul Husnan_0849116001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Sumberdaya Manusia, Jenjang Karir Jenjang karir merupakan urutan-urutan posisi yang diduduki oleh seseorang selama jangka waktu hidupnya, dari perspektif lainnya karir terdiri dari perubahan-Perubahan dalam nilai, sikap dan motivasi yang terjadi karena seseorang menjadi semakin tua. Oleh karena itu dapat diasumsikan bahwa aktivitas manajemen sumberdaya manusia haruslah mengenali jenjang karir masing-masing pegawai, dan membantu para karyawan dengan tugas-tugas pengembangan yang mereka hadapi disetiap tahap karirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara empiris bagian-bagian yang telah dirumuskan dalam fokus penelitian, yaitu: 1) Bagaimana Rekrutman dan Seleksi dalam Meningkatkan Jenjang Karir Sumber Daya Manusia. 2) Bagaimana Pelatihan dan pengembangan dalam Meningkatkan Jenjang Karir Sumber Daya Manusia. 3) Bagaimana Pemberian Kompensasi dalam Meningkatkan Jenjang Karir Sumber Daya Manusia. 4) Bagaimana Evaluasi Dalam Meningkatkan Jenjang Karir Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan SD AlIrsyad Al-Islamiyyah Jember. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kulitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan Partisipasi Pasif, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Interaktif dengan model Miles and Huberman sedangkan Keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas dan dependabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Rekrutman dan seleksi yang dilakukan sangatlah selektif karna harus melalui beberapa tahapan yang musti dilakukan antara lain: Tahap Lulus berkas, Lulus interview, Lulus Bi’ah Islamiyyah dan Lulus Microteaching. b) Pelatihan dan Pengembangan pegawai sudah tersusun dalam agenda Rapat Kerja semua materi-materi dan jadwal pelatihannya sudah tersusun sejak awal tahun ajaran baru tidak hanya itu lembaga juga memberi kesempatan kepada pegawai untuk mengikuti seminar dan workshop dalam mengembangkan keilmuan dan keahliannya diluar Lembaga Al-irsyad sendiri. c) Pemberian kompensasi tidak hanya yang bersifat rutin seperti gaji, tetapi ada juga yang bersifat tidak ruti atau langsung seperti Beasiswa, uang cuti, uang pension, promosi jabatan sedangkan yang bersifat rutin yaitu berupa gaji perbulan pada tanggal 28 melalui rekening bank, baik yang berupa gaji, ataupun tunjangan-tunjangan. d) Evaluasi yang diterapkan terbagi beberapa ada yang bersifat mingguan dan ada juga yang bersifat bulanan, bahkan tahunan. yang mingguan dilaksanakan pada setiap hari Jum’at selesai pembelajaran dan setiap sebulan sekali dilakukan. pada hari sabtu pertama diawal bulan. Sedangkan evaluasi tahunan diadakan Usbu’ul Mulahadhoh atau pekan evaluasi pegawai dan karyaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:31
Last Modified: 20 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20694

Actions (login required)

View Item View Item