Tinjauan Hukum Islam Dan Undang-Undang No.11 Tahun 2008 Tentang ITE (Informasi, Dan Transaksi, Elektronik) Terhadap Jual Beli Account Clash Of Clans(COC). (Study Kasus Mahasiswa IAIN Jember).

Muflihah, Siti (2017) Tinjauan Hukum Islam Dan Undang-Undang No.11 Tahun 2008 Tentang ITE (Informasi, Dan Transaksi, Elektronik) Terhadap Jual Beli Account Clash Of Clans(COC). (Study Kasus Mahasiswa IAIN Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Muflihah_083 132 016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat terbukti dengan adanya teknologi yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia seperti, handpone, laptop, dan lain sebagainya. Salah satunya bentuk perkembangan teknologi dibidang hiburan yang sangat digemari oleh masyarakat saat ini yakni dunia game. Diantara game yang sangat digemari baik dikalangan orang dewasa maupun anak-anak yaitu game Clash Of Clans. Game ini merupakan game online. Dimana untuk memainkannya kita harus menyambungkan dengan internet. Game ini tidak hanya bisa diaplikasikan melalui komputer akan tetapi bisa melalui hp sehingga peminat pemain semakin tinggi. Tingginya minat pemain membuat game ini tidak segan menjadi objek transaksi jual beli. Level tinggi dari game menjadi target utama bagi mereka. Objek dari transaksi jual beli merupakan barang yang tidak bisa diraba melainkan barang yang bersifat maya yaitu sebuah akun dari game tersebut. Sedangkan jual beli akun game clash of clans juga diatur dalam Undang-Undang No.11 tahun 2008 tentang ITE (informasi, dan transaksi elektronik). Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana proses jual beli Account Clash Of Clans (COC)dikalangan mahasiswa iain jember ? 2) bagaimana tinjauan hukum islam dan Undang-undang no.11 tahun 2008 tentang ITE (informasi, dan transaksi, elektronik) dikalangan mahasiswa IAIN Jember ? Tujuan penelitian ini adalalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana Bagaimana proses jual beli Account Game Online (COC).2) Untuk mengetahui bagaimana tinjaun hukum islam dan Undang-Undang No.11 Tahun 2008 tentang ITE terhadap jual beli Account COC dikalangan Mahasiswa IAIN Jember. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun dalam teknis pengumpulan data, instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) proses jual beli akun COC sama halnya dengan jual beli pada umumnya yakni melalui tahap promosi, tawarmenawar, hingga sampai proses pembayaran yang dilakukan atas kesepakatan bersama. 2) jual beli akun Clash Of Clanssecara hukum islam diperbolehkan dan halal hukumnya. Karena secara akad maupun mekanismenya tidak bertentangan dengan syarat dan rukun jual beli dalam Islam. objek yang diperjual belikan merupakan barang yang suci dan memiliki manfaat. Sedangkan menurut UndangUndang ITE jual beli akun clash of clans tidak bertentangan dengan ketentuan Undang-Undang sebagaimana yang telah tercantum dalam pasal 32 dan 34, sebab jual beli akun game tersebut tidak mengandung unsur penipuan, dan perubahan, pada game yang mengakibatkan problem serta membuat kerugian terhadap pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:31
Last Modified: 20 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20695

Actions (login required)

View Item View Item