Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Permainan Congklak Lidi pada Kelompok B RA. Fatahillah Sukojember Jelbuk- Jember Tahun Ajaran 2018/2019.

Mursilah, Ms. (2019) Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Permainan Congklak Lidi pada Kelompok B RA. Fatahillah Sukojember Jelbuk- Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. MURSILAH_T201511113.pdf

Download (30MB)

Abstract

Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Permainan Congklak Lidi sangat penting untuk dilakukan penelitian. Congklak Lidi merupakan salah satu jenis permainan dengan menjadikan Lidi sebagai bahan utama. Di lembaga pendidikan RA Fatahillah, Congklak Lidi menjadi salah satu cara dalam membantu perkembangan kognitif dan motorik halus anak karena dalam permainan tersebut anak diajari untuk menghitung, teliti, bertanggung jawab dan sabar. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran permainan Congklak Lidi untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini kelompok B RA Fatahillah Sukojember Jelbuk Jember tahun ajaran 2018/2019? 2) Bagaimana Pelaksanaan pembelajaran permainan Congklak Lidi untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini kelompok B RA Fatahillah Sukojember Jelbuk Jember tahun ajaran 2018/2019 3) 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran permainan Congklak Lidi untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini kelompok B RA Fatahillah Sukojember Jelbuk Jember tahun ajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran permainan Congklak Lidi untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini melalui permainan Congklak Lidi pada kelompok B RA Fatahillah Sukojember Jelbuk Jember tahun ajaran 2018/2019. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskrptif. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganilis datanya maka peneliti peneliti menggunakan model Miles and Huberman yang dimulai dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keasahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini diperoleh sebuah kesimpulan 1) Perencanaan pembelajaran permainan Congklak Lidi untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini dibuat oleh guru dengan dituangkan kedalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian yang mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar, dengan memasukkan permainan Congklak Lidi. 2) Pelaksanaan pembelajaran permainan Congklak Lidi dilakukan dengan melibatkan semua anak sehingga mereka dapat belajar untuk bersabar, dapat menghargai perasaan orang lain dan belajar tanggung jawab dalam situasi apapun serta melenturkan kordinasi jari-jari tangan, lengan dan mata (berkonsentrasi). 3) Evaluasi pembelajaran permainan Congklak Lidi dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung dan setelah pembelajaran berakhir, mencatat perkembangan anak bagaimana sebelum dan sesudah pembelajaran, mencatat tingkah laku anak, cara merespon masalah dan mencari solusi pemecahanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:31
Last Modified: 20 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20696

Actions (login required)

View Item View Item