Persaingan Usaha Tidak Sehat Dengan Cara Jual Rugi atau Predatory Pracing Di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Dalam Prespektif Undang-Undang No. 5 Tahun 1999 Tentang Antimonopoli Dan Hukum Ekonomi Islam. Dosen Pembimbing: Busriyanti M.Ag.

Nafisah, Siti Nur Maulidatun (2017) Persaingan Usaha Tidak Sehat Dengan Cara Jual Rugi atau Predatory Pracing Di Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Dalam Prespektif Undang-Undang No. 5 Tahun 1999 Tentang Antimonopoli Dan Hukum Ekonomi Islam. Dosen Pembimbing: Busriyanti M.Ag. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Maulidatun Nafisah_083132029.pdf

Download (22MB)

Abstract

Di Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember terdapat pelaku usaha yang melakukan persaingan usaha tidak sehat dengan cara jual rugi atau menetapkan harga dibawah harga pasar (predatory pracing), yang mana praktek jual rugi atau penetapan harga dibawah harga pasar (predatory pracing) ini akan merugikan pelaku usaha itu sendiri dan berhasil menyingkirkan pelaku usaha lain yang tidak mampu bersaing karena penetapan harga murah tersebut. Jual rugi ini juga nantinya akan merugikan pembeli karena setelah tidak ada pesaing yang berarti lagi, pelaku usaha yang melakukan jual rugi ini menaikkan harga yang tadinya murah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana bentuk persaingan usaha tidak sehat dengan cara jual rugi atau predatory pracing di Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari kabupaten Jember ? (2) Bagaimana pandangan Undang-undang No. 5 Tahun 1999 Tentang Antimonopoli terhadap jual rugi atau predatory pracing di Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember ? (3) Bagaimana pandangan Hukum Ekonomi Islam terhadap jual rugi atau predatory pracing di Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bentuk persaingan usaha tidak sehat dengan cara jual rugi atau predatory pracing Di Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. (2) Untuk mengetahui pandangan UndangUndang No. 5 Tahun 1999 Tentang Antimonopoli terhadap jual rugi atau predatory pracing Di Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. (3) Untuk mengetahui pandangan Hukum Ekonomi Islam terhadap jual rugi atau predatory pracing Di Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian Hukum Empiris dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Sukorejo Kecamatan Bangsalsari Kabupten Jember. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa:(1) Praktek jual rugi atau predatory pracing ini telah merugikan banyak pihak di dalam jual beli.(2) Praktek jual rugi atau predatory pracing ini merupakan kegiatan yang dilarang di dalam Undang-Undang No.5 Tahun 1999 Tentang Antimonopoli.(3) Paktek jual rugi atau predatory pracing ini telah melanggar asas-asas di dalam jual beli yang terdapat di dalam Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah dan juga telah melanggar prinsip bertransaksi bisnis yang seharusnya dilakukan dengan cara yang adil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:31
Last Modified: 20 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20697

Actions (login required)

View Item View Item