Pola Berfikir Mahaiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Dalam Menyelesaikan Pembuatan Skripsi di IAIN Jember tahun akademik 2011

Musrifah, Ms. (2015) Pola Berfikir Mahaiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Dalam Menyelesaikan Pembuatan Skripsi di IAIN Jember tahun akademik 2011. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Musrifah_084111051.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan oleh mahasiswa pada jenjang perguruan tinggi sebelum memperoleh gelar sarjana S-1, sering kali terdengar segelintir mahasiswa mengeluh dalam penyusunan Skripsinya. Skripsi masih menjadi momok mengerikan bagi mahasiswa starata satu, banyak mahasiswa yang tidak dapat lulus tepat waktu dikarenakan Skripsi yang tidak kunjung selesai.dari data yang didapat dari akademik bidang kemahasiswaan mendapati bahwa 450 mahasiswa fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang dapat lulus tepat waktu dengan batasan normal hanya 5 orang. Fokus permasalahan dalam Skripsi ini adalah 1) Bagaimana respon mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dalam menyelesaikan pembuatan Skripsi di IAIN Jember Tahun Akdemik 2011? 2) Bagaimana sikap mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dalam menghadapi hambatan pembuatan skripsi di IAIN Jember Tahun Akademik 2011? Sedangkan tujuan umum dalam penelitian ini untuk mengetahui pola berfikir mahasiswa fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan dalam menyelesaikan pembuatan Skripsi di IAIN Jember tahun akademik 2011. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research dalam menentukan sample menggunakan purposive sampling, metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. metode analisa data menggunakan analisis interaktif. dan metode pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa 1) Hampir sebagian besar mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan menyatakan bahwa mereka mengalami kesulitan dalam menyelesaikan pembuatan skripsi di IAIN Jember tahun akademik 2011. Dan kesulitan tersebut dijadikan beban sehingga yang terjadi mereka mengalami gejela seperti halnya galau, pusing dan bingung. 2) Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan dalam menghadapi hambatan pembuatan skripsi di IAIN jember tahun akademik 2011, apabila mereka mendapati hambatan internal dalam pembuatan skripsi berupa malas untuk pergi keperpustakaan karena jaraknya yang cukup jauh dan cuaca yang panas, maka mereka ke perpustakaan pada pagi hari. Apabila semangat yang kurang, maka mereka akan mendatangi teman yang dianggap dapat memberi motivasi, sedangkan apabila mereka mendapati hambatan dari faktor eksternal berupa kurangnya referensi yang disebabkan diperpustakaan tidak ada, maka akan mencari di toko buku atau di bazar buku, apabila terkait organisasi maka mereka akan mengurangi dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi tersebut baik kajian, rapat atau kegiatan lain, apabila terkait dosen pembimbing yang sibuk, maka akan menghubungi terus dosen pembimbing yang diselangi dengan bertanya kepada yang lain yang dianggap faham dalam pembuatan skripsi, apabila terkait teman – teman yang memberi pengaruh negatif maka akan menjauhi mereka selama menyelesaikan pembuatan Skripsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:31
Last Modified: 20 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20701

Actions (login required)

View Item View Item