Arifin, Zainul (2018) Keterampilan Manjerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Nurul Hasan Dadapan Grujugan Bondowoso Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Zainul Arifin_0849115007.pdf Download (19MB) |
Abstract
Kata Kunci : Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Pendidikan merupakan ujung tombak maju mundurnya suatu bangsa. Ketika bangsa mempunyai kualitas pendidikan yang baik, maka proses pembangunan menjadi baik pula berkembangnya. Karena melalui proses pendidikan manusia dengan segala potensi yang dimiliki akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan tuntutan dan perubahan zaman. Untuk menjadikan pendidikan yang berkualitas dieara saat ini diperlukan adanya keterampilan manajerial kepala Sekolah yang mumpuni dalam pengelolaan sistem organisasi. Menurut penelitian para ahli tentang kompetensi kepala sekolah menunjukkan, 70% dari 95.000 memiliki kelemahan dalam bidang supervise dan manajerial. Oleh karena itu kepala Sekolah sebagai manajer dituntut untuk meningkatkan keterampilan manajerial yang dimiliki untuk mengelola lembaga yang diembannya. Atas dasar itulah, penelitian ini difokuskan pada Keterampilan Manajerial kepala Sekolah, fokus penelitian ini dikembangkan dalam empat fokus sebagai berikut: (1) Bagaimana Kepala sekolah dalam menerapkan kemampuan Konseptual untuk mengelola Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Nurul Hasan Desa Dadapan Kec. Grujugan Kab Bondowoso? (2).Bagaimana Kepala sekolah dalam menerapkan keterampilan hubungan manusiawi ( Human Relations ) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Nurul Hasan Desa Dadapan Kec. Grujugan Kab. Bondowoso? (3) Bagaimana Kepala Sekolah dalam Menerapkan Kemampuan Teknik Manajerial Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Nurul Hasan Desa Dadapan Kec. Grujugan Kab. Bondowoso? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yang dilakukan di SMK Nurul Hasan Desa Dadapan Kec. Grujugan Kab Bondowoso dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan: (1) Observasi, (2) wawancara mendalam (indepth interview), dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Adapun perana peneliti sebagai partisipasi pasif. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Dalam menggunakan data menggunakan analisis model Miles dan Hubermen, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam uji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode dan diskusi sejawat.Adapun yang ditemukan dalam penelitian ini adalah proses manajerial yang dilakukan oleh kepala Sekolah di SMK Nurul Hasan Desa Dadapan Kec. Grujugan Kab Bondowoso, baik dari keterampilan konseptual, keterampilan teknik dan keterampilan berkomunikasi adalah sebagai berikut: (1) penyusunan perencanaan Sekolah dilakukan pada awal tahun ajaran baru dengan melibatkan kepala Sekolah, guru dan komite Sekolah. Adapun dalam dalam pendayagunaan guru dan staf secara optimal dengan mendelegasikan untuk mengikuti workshop, seminar dan pelatihan. Adapun dalam mengelola perubahan dan pengembangan dengan mengadakan olimpiade dan membuka kelas bina prestasi. Adapun dalam evaluasi dan pelaporan menggunakan cara formal dan pribadi. (2) dalam teknik berkomunikasi dan koordinasi SMK Nurul Hasan Desa Dadapan Kec. Grujugan Kab Bondowoso memiliki kelemahan akan tetapi tidak mempengaruhi kinerja guru. (3) secara umum kepala Sekolah mampu menerapkan kemampua teknik dengan membentuk beberapa guru sebagai wakilnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 07:32 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 07:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20703 |
Actions (login required)
View Item |