Peran Produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah Dalam Peningkatan Aset Pada PT Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember

Naimah, Ms. (2019) Peran Produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah Dalam Peningkatan Aset Pada PT Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. NAIMAH_E20151155.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah sesuai dengan hukum islam. Prinsip syariah yang telah diterapkan oleh bank syariah salah satunya adalah pembiayaan. Salah satu objek pembiayaan yang digunakan adalah pembiayaan kepemilikan rumah dengan menggunakan akad murabahah. Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang ingin mempunyai rumah dengan cara membayar secara angsuran/cicilan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: a). bagaimana peran produk pembiayaan KPR dalam meningkatkan aset pada PT Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember. khususnya aset lancar? b). Bagaimana strategi pemasaran terhadap produk pembiayaan KPR dalam meningkatan aset PT Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember. c).apa saja kendala dalam memasarkan pembiayaan KPR PT Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember. Tujuan penelitian ini adalah : a.) untuk mengetahui peran produk pembiayaan KPR dalam meningkatkan aset pada PT Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember. khususnya aset lancar. b). untuk mengetahui strategi pemasaran terhadap produk pembiayaan KPR dalam meningkatan aset PT Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember. c). untuk mengetahui apa saja kendala dalam memasarkan pembiayaan KPR PT Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember. Penelitian ini dilakukan di PT Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan metode Deskriptif. Subjek penelitian di ambil dengan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah: 1).Produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah Pada PT Bank BPRS Bhakti Sumekar dalam peningkatan aset cukup berperan 2). Strategi pemasaran BPRS Bhakti Sumekar melalui brousur, pamflet, sosial media dan lain-lain, selain itu, strategi pemasaran BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember juga melalui sosialisasi dalam acara-acara di instansi pemerintahan dan rapat PNS, Dharma Wanita, guru-guru, serta arisan.3). Kendala pemasaran KPR dalam BPRS Bhakti Sumekar yakni pada tenor, Selain itu masih kurangnya respon masyarakat terhadap adanya tentang bank syariah. Kata kunci : Peran, Pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:32
Last Modified: 20 Mar 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20709

Actions (login required)

View Item View Item