Implementasinilai corporate culture dalam meningkatkan kualitas pengelolaan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kalisat Jember.

Nofitasari, Ms. (2018) Implementasinilai corporate culture dalam meningkatkan kualitas pengelolaan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kalisat Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Nofitasari_083143026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada posisi persaingan bisnis yang sangat ketat seperti sekarang ini memang mengharuskan perusahaan-perusahaan agar mampu membidik mangsa pasar dengan baik . Dalam era globalisasi yang sangat erat dengan perubahan, yang manasering begitu cepat dan sangat sulit di prediksi namun sangat besar dampaknya bagi masa depan perusahaan, kehadiran budaya perusahaan atau organisasi yang fleksibel menjadi semakin relevan. Strategi dalam mengantisipasi perubahan yang akan dilakukan oleh suatu perusahaan juga perlu mempertimbangkan aspek budaya yang telah ada selama ini, apakah strategi yang di desain tersebut cocok dengan nilai-nilai yang ada, atau justru nilai-nilai yang ada itu menjadi kontra produktif bagi perusahaan dalam perjalanannya kedepan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana nilai-nilai budaya perusahaan dalam meningkatkan pengelolaan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kalisat Jember ? (2). Bagaimana implementasi nilai corporate culture dalam meningkatkan kualitas pengelolaan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kalisat Jember ? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai budaya perusahaan dalam meningkatkan kualitas pengelolaan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kalisat Jember. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai corporate culture dalam meningkatkan kualitas pengelolaan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kalisat Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) nilai-nilai budaya perusahaan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kalisat Jember yaitu terangkum dalam empat pilar STAF (Siddiq, Tablig, Amanah dan Fathonah). 2) implementasi corporate Culture dalam meningkatkan kualitas pengelolaan yang dilakukan oleh UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kalisat Jember adalah dengan dari keempat budaya tersebut, mengelola perusahaan dengan baik berdasarkan budaya yang ada, dengan meningkatkan kualitas jasa yang diberikan kepada nasabah dengan tidak mengesampingkan koridor budaya dan SOP perusahaan. Pengelolaan yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu kalisat dengan slalu mengembangkan produk-produk terbaik, mengembangkan inovasi dengan upaya pelatihan karyawan, sudah cukup baik dilakukan, meskipun masih ada karyawan yang masih kurang dalam pemahaman budaya yang diterapkan di perusahaan. Kata kunci: corporate culture, pengelolaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200299 Cultural Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:32
Last Modified: 20 Mar 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20710

Actions (login required)

View Item View Item