Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Motivasi Belajar Siswa kelas VIII SMP Plus Ibnu Kholdun Al-Hasyimi Besuki-Situbondo Tahun Pelajaran 2015/2016

Nur'aini, Ms. (2015) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Motivasi Belajar Siswa kelas VIII SMP Plus Ibnu Kholdun Al-Hasyimi Besuki-Situbondo Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Nur’aini_084 116019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran guru PAI selain sebagai pengajar juga berperan sebagai pembimbing dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa. Guru PAI sebagai pengajar tidak hanya menuangkan sejumlah bahan pelajaran kepada peserta didik namun seorang guru dituntut untuk mentransfer nilai-nilai yan bersifat kesusilaan yang dapat diwujudkan dalam tingkah laku sehari-hari, sedangkan guru PAI dalam perannya sebagai pembimbing dalam motivasi belajar siswa tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja akan tetapi juga dilakukan di luar kelas. Guru memegang peran utama dalam dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan guru mengemban tugas untuk mempersiapkan generasi muda sesuai dengan cita-cita bangsa, sehingga dapat dikatakan bahwa guru merupakan titik sentral dalam pendidikan baik formal maupun non formal, dalam pendidikan motivasi merupakan salah satu faktor penunjang dalam menentukan intensitas usaha untuk belajar dan juga dapat dipandang sebagai suatu usaha yang membawa anak didik ke arah pengalaman belajar sehingga dapat menimbulkan tenaga dan aktivitas siswa serta memusatkan perhatian siswa pada suatu waktu tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Motivasi bukan saja menggerakkan tingkah laku tetapi juga dapat mengarahkan dan memperkuat tingkah laku. Siswa yang mempunyai motivasi dalam pembelajarannya akan menunjukkan minat, semangat dan ketekunan yang tinggi dalam belajarnya, tanpa banyak bergantung kepada guru. Dari uraian di atas maka skripsi ini mengemukakan permasalahan yaitu : 1. Bagaimana peran guru PAI dalam motivasi belajar intrinsik siswa kelas VIII SMP Plus Ibnu Kholdun Al-Hasyimi Besuki-Situbondo 2. Bagaimana peran guru PAI dalam motivasi belajar ekstrinsik siswa kelas VIII SMP Plus Ibnu Kholdun AlHasyimi Besuki-Situbondo tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian, Mendeskripsikan peran guru PAI sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik SMP Plus Ibnu Kholdun Al-Hasyimi Besuki-Situbondo, Sebagai bahan masukan dan sumbangan pemikiran untuk mengelola PAI khususnya yang berkenaan dengan pelaksanaan PAI di SMP Plus Ibnu Kholdul Al-hasyimi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Adapun dalam penentuan pengumpulan dan penyusunan data saja, tetapi meliputi analisa dan interpretasi tentang arti data yang diperoleh adalah guru PAI dan siswa kelas dua. Sedangkan metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh di analisa dengan menggunakan deskriptif kualitatif guna memperoleh temuan dan kesimpulan. Penelitian memperoleh temuan dan kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam motivasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Plus Ibnu Kholdun AL-Hasyimi Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2015/2016 sudah cukup baik, secara intrinsik siswa melalui cita-cita dan hoby, secara ekstrinsik siswa di dorong dengan kegiatan intra kulekuler dan ekstra kulekuler, dari dua dorongan tersebut menunjang terjadinya semangat belajar pada siswa SPM Plus Ibnu Kholdun Al-hasyimi, Hal ini tampak pada sikap dan tingkah laku prestasi siswa yang sudah lebih baik dari semula.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:32
Last Modified: 20 Mar 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20711

Actions (login required)

View Item View Item