Efektifitas Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Banyuwangi Sebagai Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah

Nurlatifah, Ms. (2020) Efektifitas Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Banyuwangi Sebagai Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. NURLATIFAH_0839117009.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kata Kunci : Efektifitas, Bimbingan Perkawinan, Keluarga Sakinah Bimbingan perkawinan merupakan suatu upaya pemberian bantuan kepada individu dalam memecahkan masalah atau informasi seputar perkawinan, yang akan dihadapi oleh calon pengantin. Diharapkan agar tercapai kemapanan untuk memahami, menerima dan mengarahkan calon pengantin secara optimal dalam mencapai penyesuaian diri dengan lingkungan, baik lingkungan secara umum maupun lingkungan keluarga untuk membentuk keluarga sakinah. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan perkawinan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Banyuwangi sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah, 2) Bagaimana efektifitas pelaksanaan bimbingan perkawinan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Banyuwangi sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah, 3) Apakah faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan perkawinan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Banyuwangi sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan perkawinan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Banyuwangi sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah, 2) Mendeskripsikan efektifitas pelaksanaan bimbingan perkawinan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Banyuwangi sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah, 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan perkawinan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Banyuwangi sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa pentingnya bimbingan perkawinan yang merupakan suatu bantuan calon penganting untuk memasuki salah stu gerbang pernikahan yang tujuannya adalah untuk membentuk keluarga sakinah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis lapangan (field research) Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan analisis data metode analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pelaksanaan bimbingan perkawinan yang dilaksanaakn di Kantor Urusan Agama Kecamatan Banyuwangi sudah cukup efektif sesuai dengan yang diharapkan. Karena calon pengantin dapat menyadari dan memahami arti penting mengikuti bimbingan perkawinan. Kemudian di dukung dengan kondisi tempat yang memadai dan pemateri yang bersetifikat bimtek bimbingan perkawinan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
Divisions: Program Magister > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:32
Last Modified: 20 Mar 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20713

Actions (login required)

View Item View Item