Aktualisasi Budaya Cinta Lingkungan Sebagai Upaya Siaga Bencana di Pesantren Alam Sayang Ibu Lombok Barat-NTB.

Rafidatussalma, Ms. (2021) Aktualisasi Budaya Cinta Lingkungan Sebagai Upaya Siaga Bencana di Pesantren Alam Sayang Ibu Lombok Barat-NTB. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Rafidatussalma_T20171374.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata kunci: budaya cinta lingkungan, upaya siaga bencana, Pesantren Alam Sayang Ibu Lombok Barat-NTB Indonesia menjadi salah satu negara yang rawan akan bencana, sehingga mendudukkan Indonesia pada peringkat ke-33 dunia dalam World Risk Index (Daftar Dunia yang Beresiko) tahun 2017. Pulau Lombok dikenal dengan pulau yang memiliki banyak tempat pariwisata yang menawan, namun melihat kepada akhir abad ini pulau Lombok banyak diguncang dengan beberapa bencana alam maupun non alam. Lembaga pendidikan merupakan wadah terbaik dalam menanamkan karakter para peserta didik. Terutama lembaga pendidikan yang berbasis pesantren, karena didalam pesantren peserta didik menetap disana dan dapat menimba ilmu selama satu hari penuh. Karakter penting yang ditanamkan dalam sebuah lembaga pendidikan tidaklah hanya berupa karakter religius, disipilin, maupun bertanggung jawab saja, melainkan karakter peduli lingkungan dan peduli sosial juga penting untuk diaktualkan ke dalam setiap jiwa peserta didik masyarakat Indonesia. Kedua karakter tersebut menjadi penting untuk diterapkan, karena termasuk ke dalam upaya-upaya peserta didik agar lebih siaga terhadap bencana. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana aktualisasi budaya cinta lingkungan sebagai upaya membentuk karakter peduli lingkungan di Pesantren Alam Sayang Ibu? 2) Bagaimana aktualisasi budaya cinta lingkungan sebagai upaya membentuk karakter peduli sosial di Pesantren Alam Sayang Ibu? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan aktualisasi budaya cinta lingkungan sebagai upaya membentuk karakter peduli lingkungan di Pesantren Alam Sayang Ibu. 2) Mendiskripsikan aktualisasi budaya cinta lingkungan sebagai upaya membentuk karakter peduli sosial di Pesantren Alam Sayang Ibu. Penelitian ini menggunakan pendeketan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan kepada fokus penelitian yang diteliti, dapat diperoleh kesimpulan: 1) Aktualisasi budaya cinta lingkungan dalam membentuk karakter peduli lingkungan di Pesantren Alam Sayang Ibu adalah dengan: pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah, tersedia tempat pembuangan sampah dan tempat cuci tangan, melakukan pembiasaan memisahkan jenis sampah organik dan anorganik, dan memprogramkan cinta bersih lingkungan. 2) Aktualisasi budaya cinta lingkungan dalam membentuk karakter peduli sosial di Pesantren Alam Sayang Ibu adalah dengan: memfasilitasi kegiatan bersifat sosial. Kegiatan bersifat sosial tersebut berupa live-in magang, live-in pengabdian, tim TAGANA Muda PAMSI serta menyediakan fasilitas untuk menyumbang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:32
Last Modified: 20 Mar 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20714

Actions (login required)

View Item View Item