Penerapan Pelayanan Prima Pada Bank Syariah Mandiri KCP. Balung

Roisiya, Ms. (2018) Penerapan Pelayanan Prima Pada Bank Syariah Mandiri KCP. Balung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Roisiya_083133028.pdf

Download (5MB)

Abstract

Untuk menghadapi persaingan antara lembaga perbankan yang semakin ketat, sekarang ini telah dikembangkan berbagai konsep pelayanan nasabah dengan tujuan untuk mempertahankan nasabah dan menjangkau nasabah-nasabah yang potensial. Pelayanan nasabah yang bermutu menuntut adanya upaya keseluruhan karyawan bukan hanya yang bertugas di front office yang berhadapan langsung dengan nasabah dalam menghasilkan pelayanan yang mencerminkan kualitas, tetapi juga karyawan di backoffice yang menghasilkan pelayanan di belakang layar yang tidak kelihatan oleh nasabah. Kegiatan pelayanan dikenal dengan istilah pelayanan prima atau excellent service yang secara harfiah berarti pelayanan yang sangat baik dan sesuai dengan standart pelayanan yang berlaku atau dimiliki oleh instansi yang memberikan pelayanan serta memuaskan pelanggan. Instansi pelayanan seperti Bank harus memiliki standart pelayanan yang dapat menjadi ukuran dalam memuaskan pelanggan. Adapun fokus penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan pelayanan prima pada Bank Syariah Mandiri KCP. Balung? Tujuan penelitian ini adalah untuk: Untuk mengetahui penerapan pelayanan prima pada Bank Syariah Mandiri KCP. Balung. Dalam penelitian skripsi ini, pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis kajian field research (penelitian lapang). Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen. Teknik analisa data menggunakan kualitatif deskriptif dan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Penerapan Pelayanan Prima Terhadap Nasabah di BSM KCP. Balung dalam mempertahankan nasabahnya dari konsep A3 (Sikap, Perhatian dan Tindakan) tersebut mempunyai pengaruh yang positif. Pelayanan tersebut dapat mempengaruhi kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri KCP. Balung. Hal ini disebabkan karena baiknya pelayanan yang diberikan oleh karyawan kepada nasabah dengan demikian nasabah dapat merasa puas dan akan terus bertahan dalam menggunakan produk-produk yang ada di Bank Syariah Mandiri KCP. Balung. Bank Syariah Mandiri KCP. Balung selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan maksimal dalam melayani nasabahnya dengan menjalin kedekatan emosional dengan nasabah dan melayani dengan ramah, sopan santun, bersungguh-sungguh dalam melayani, selalu berempati dalam nasabah, dan tanggap dalam keluhan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:32
Last Modified: 20 Mar 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20716

Actions (login required)

View Item View Item