Pengaruh Risiko PembiayaanTerhadap Profitabilitas Bank Syariah (ROA dan BOPO) kantor periode 2012-2015.

Rozinah, Ms. (2016) Pengaruh Risiko PembiayaanTerhadap Profitabilitas Bank Syariah (ROA dan BOPO) kantor periode 2012-2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Rozinah_083 123 058.pdf

Download (18MB)

Abstract

Bank syariah dan unit usaha syariah dalam menerapkan tata kelola yang baik berkewajiban untuk menyusun prosedur internal mengenai pelaksanaan prinsi-prinsip transparansi,akuntabilitas,profesional dan kewajaran dalam menjalankan kegiatan usahanya. Peranan bank sebagai lembaga keuangan tidak pernah lepas dari masalah kredit, Besarnya kredit yang disalurkan akan menentukan keuntungan Bank. Jika Bank tidak mampu menyalurkan kredit,sementara dana yang terhimpun dari simpanan banyak,akan menyebabkan Bank tersebut rugi. Oleh karena itu, pengelolaan kredit harus dilakukan dengan sebaik baiknya mulai dari perencanaan jumlah kredit,penentuan suku bunga, prosedur pemberian kredit, analisis pemberian kredit. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: a. Apakah risiko kredit (pembiayaan) berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA) Bank syariah pada Bank Syariah mandiri ? b. adakah pengaruh risiko kredit(pembiayaan) terhadap profitabilitas (BOPO) Bank syariah pada Bank Syariah Mandiri? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh risiko kredit secara parsial PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember 2012-2015. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian time series. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi linier sederhana, yaitu untuk mengetahui pengaruh dengan menggunakan satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Dalam analisis regresi linier sederhana, ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu: Koefiseien Determinasi (R2 ), dan Uji t. Namun sebelum melakukan analisis regresi, terlebih dulu data harus memenuhi Uji Asumsi Klasik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa risiko kredit berpengaruh terhadap profitabiltas (ROA dan BOPO) secara parsial dengan tingkat pengaruh yang besar yaitu ROA sebesar 85,1% dan BOPO sebesar 78,9%. Kata Kunci :Risiko kredit, profitabilitas, ROA, BOPO.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:33
Last Modified: 20 Mar 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20721

Actions (login required)

View Item View Item