Pengaruh Tingkat Suku Bunga Terhadap Loyalitas Nasabah di Koperasi Simpan Pinjam Artha Makmur Sumberjati Silo Jember.

Santi, Ms. (2017) Pengaruh Tingkat Suku Bunga Terhadap Loyalitas Nasabah di Koperasi Simpan Pinjam Artha Makmur Sumberjati Silo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Santi_ 083 123 040.pdf

Download (20MB)

Abstract

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Koperasi simpan pinjam Artha Makmur Sumberjati merupakan institusi yang memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat disekitarnya. Sebagai upaya memperoleh pendapatan semaksimal mungkin, aktivitas pembiayaan koperasi simpan pinjam Artha Makmur, menganut sistem bunga. Upaya ini harus dikendalikan sedemikian rupa sehingga kebutuhan likuiditas dapat terjamin dan tidak banyak dana yang menganggur. Keuntungan dari koperasi adalah bunga yang dibebankan kepada peminjam, menentukan besar kecilnya suku bunga simpanan dan pinjaman sangat dipengaruhi oleh keduannya. Artinya bunga simpanan maupun pinjaman saling memengaruhi terhadap loyalitas nasabah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:1. Adakah pengaruh tingkat suku bunga simpan pinjam terhadap loyalitas nasabah di Koperasi Simpan Pinjam Artha Makmur Sumberjati Silo Jember? 2. Seberapa besar pengaruh tingkat suku bunga simpan pinjam terhadap loyalitas nasabah di koperasi simpan pinjam Artha Makmur Sumberjati Silo Jember Tujuan penelitian ini yaitu:1. Untuk mengetahui adakah pengaruh tingkat suku bunga simpan pinjam terhadap loyalitas nasabah di Koperasi Simpan Pinjam Artha Makmur Sumberjati Silo Jember. 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat suku bunga terhadap loyalitas nasabah di Koperasi Simpan Pinjam. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi linier sederhana, yaitu untuk mengetahui pengaruh dengan menggunakan satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Dalam analisis regresi linier sederhana, ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu: Koefiseien Determinasi (R2 ), dan Uji t. Namun sebelum melakukan analisis regresi, terlebih dulu data harus memenuhi Uji Asumsi Klasik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat suku bunga berpegaruh terhadap loyalitas nasabah dengan tingkat pengaruh yang kecil yaitu 22,4% dan dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh tingkat suku bunga dan loyalitas nasabah dengan nilai signifikansi yang dihasilkan ialah lebih kecil dari 0,05, yaitu sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012717 al-‘Ariyah (Pinjam-meminjam)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:33
Last Modified: 20 Mar 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20722

Actions (login required)

View Item View Item