Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ajung Jember Tahun Ajaran 2019/2020

Selvia, Ms. (2019) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ajung Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Selvia_T20151032.pdf

Download (5MB)

Abstract

Guru merupakan faktor penentu yang sangat dominan dalam pendidikan, karena guru memang memegang peranan dalam proses pembelajaran, dimana proses pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan, terutama tercapainya tujuan pendidikan. Dalam pendidikan hal yang sangat penting dan utama adalah kurikulum, guru memiliki peran dan dituntut untuk harus benar-benar memahami kurikulum agar kurikulum yang diterapkan sesuai dan tepat. Maka, perlu adanya peran aktif seorang guru dalam pelaksanaan dan pengembangan kurikulum. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan tujuan kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ajung Jember (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan materi kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ajung Jember? (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan metode kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ajung Jember (4) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan evaluasi kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ajung Jember?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam pengembangan tujuan kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ajung Jember (2) Untuk Mendeskripsikan peran guru PAI dalam pengembangan isi/materi kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ajung Jember (3) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam pengembangan metode kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ajung Jember (4) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam pengembangan evaluasi kurikulum pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ajung Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan (Field Research), teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Milles and Huberman dengan langkah-langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi data yang meliputi triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa:. (1) Pengembangan tujuan kurikulum PAI ialah dikembangkan dengan adanya kegiatan memperingati PHBI, shalat dhuhur berjama’ah, dan BTQ. (2) Pengembangan materi kurikulum PAI dalam lingkup 3 hal yaitu aqidah dikembangkan dalam kultum ketauhidan, ibadah dikembangkan dalam shalat dhuhur berjama’ah, akhlaq dikembangkan dalam pembiasaan 4S, SKI dikembangkan dalam pemutaran video/film sejarah (3) Pengembangan metode/strategi kurikulum PAI ialah dikembangkan dalam metode ceramah, demonstrasi, dan peran (4) Pengembangan evaluasi kurikulum PAI ialah dikembangkan evaluasi jenis tulis, lisan, dan praktek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:33
Last Modified: 20 Mar 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20723

Actions (login required)

View Item View Item