Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw padapelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Besuki Tahun Pelajaran 2014/2015.

Sholehatin, Ms. (2015) Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw padapelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Besuki Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Sholehatin_084 101 257.pdf

Download (705kB)

Abstract

Kualitas kehidupan suatu bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan keberhasilan pendidikan tidak lepas dari peran seorang guru. Sebagai pengajar atau pendidikan, guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan. Proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa sebagian besar ditentukan oleh peranan dan kompetensi guru. Itulah sebabnya setiap adanya inovasi pendidikan, khususnya dalam kurikulum dan peningkatan sumberdaya manusia yang berhasil dari upaya pendidikan selalu bermuara pada faktor guru, guru dituntut memiliki multi peran sehingga mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif. Terdapat berbagai macam metode atau strategi pembelajaran yang dapat digunakan, salah satunya adalah strategi pembelajaran dengan menggunakan metode jigsaw. Motode pembelajaran jigsaw adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri beberapa anggota dalam suatu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan materi tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya.Berbagai hasil penelitian menyimpulkan manfaat pembelajaran jigsaw tidak hanya menghasilkan prestasi akademik yang lebih tinggi untuk seluruh siswa, namun juga meningkatkan rasa percaya diri, kemampuan untuk melakukan hubungan sosial serta mampu mengembangkan saling kepercayaan sesamanya baik secara individu maupun kelompok dan kemampuan saling membantu dan bekerja sama antara teman. SMP Islam Nurul Hikmah Besuki,karena lembega pendidikan tersebut selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya, setiap guru di lembaga tersebut dituntut untuk selalu berinovasi dalam kegiatan pembelajaran termasuk didalamnya adalah memilih strategi pembelajaran yang mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkanobservasisementarapeneliti, tenaga pendidikan di SMP Islam Nurul Hikmah Besuki telah menggunakan strategi pembelajaran kooperatif khususnya Metode Jigsaw dalam upaya mengaktifkan siswa-siswanya dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat lebih dicapai secara optimal. Penelitian ini difokuskan pada masalah: a) Bagaimana perencanaan pembelajaran kooperatif metode jigsaw pada pelajaran PAI di SMP islam Nurul Hiikmah Besuki Tahun Pelajaran 2014/2015? b) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kooperatif metode jigsaw pada pelajaran PAI di SMP islam Nurul Hikmah Besuki Tahun Pelajaran 2014/2015? c) Bagaimana evaluasi pembelajaran kooperatif metode jigsaw pada pelajaran PAI di SMP islam Nurul Hikmah Besuki Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksana dan evaluasi strategi pembelajaran kooperatif metode jigsaw pada pelajaran PAI di SMP Islam Nurul Hikmah Besuki tahun pelajaran 2014/2015. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id viii Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penentuan informan menggunakan purposive dan untuk mengukur keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan, Pada tahap perencanaan strategi pembelajaran kooperatif metode jigsaw pada pelajaran PAI di SMP Islam Nurul Hikmah Besuki tahun pelajaran 2014/2015, guru menyiapkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari rencana program pembelajaran, lembar kerja siswa (LKS), soal tes formatif dan alat-alat pembelajaran yang mendukung. Pelaksanaan strategi pembelajaran kooperatif metode jigsaw pada pelajaran PAI di SMP Islam Nurul Hikmah Besuki tahun pelajaran 2014/2015 berjalan dengan efektif, dan siswa antusias mengikuti proses pembelajaran. Evaluasi strategi pembelajaran kooperatif metode jigsaw pada pelajaran PAI di SMP Islam Nurul Hikmah Besuki pada tahun pelajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:33
Last Modified: 20 Mar 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20724

Actions (login required)

View Item View Item