Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Akhlak Berbasis Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan.

Suhartatik, Ms. (2020) Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Akhlak Berbasis Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. SUHARTATIK_0849317050.pdf

Download (26MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Akhlak, Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan. Pengembangan bahan ajar mata pelajaran Akhlak Berbasis Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan ini didasarkan pada kenyataan bahwa sangat terbatasnya bahan ajar mata pelajaran Akhlak tersebut dan belum tersedianya bahan ajar yang memiliki kriteria sebagai bahan ajar yang mempunyai spesifikasi berbasis nilainilai karakter kebangsaan. Spesifikasi produk bahan ajar ini berupa material printed yaitu sebuah buku ajar “Akhlak Berbasis Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan” untuk peserta didik. Adapun materi/content buku ajar mengacu pada Keputusan Menteri Agama RI No.165 tahun 2014 Tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab, dengan memasukkan nilainilai karakter kebangsaan yang telah dirumuskan dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pasal 3. Model pengembangan yang digunakan dalam metode penelitian dan pengembangan bahan ajar ini adalah model R&D Borg and Gall (1983) yang telah disederhanakan, yaitu: (1) Melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) Mengembangkan produk awal, (3) Uji coba tim ahli dan revisi, (4) Uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, (5) Uji coba lapangan skala besar dan revisi produk akhir. Sedangkan subyek uji cobanya terdiri atas: ahli materi/isi mata pelajaran Akhlak, ahli media pembelajaran, ahli bahasa, guru bidang studi Akhlak, peserta didik kelas X program keagamaan MAN 3 Jember. Hasil penelitian dan pengembangan diawali dari hasil validasi tim ahli yang menilai kelayakan bahan ajar, terdiri dari: (1) validasi ahli materi/isi 81,4% dengan tingkat kualifikasi baik dan tidak memerlukan revisi, (2) validasi ahli media pembelajaran 79% dengan tingkat kualifikasi cukup baik, produk dapat dilanjutkan dengan revisi tidak mendasar, (3) validasi ahli bahasa 95% dengan tingkat kualifikasi sangat baik. Uji coba kelompok kecil menilai kemenarikan bahan ajar diperoleh 86% dengan kualifikasi baik. Uji coba lapangan terdiri dari: (1) uji coba guru bidang studi Akhlak 96,6% dengan tingkat kemenarikan sangat baik, (2) uji coba kelas X Program Keagamaan terhadap efektifitas penggunaan bahan ajar mata pelajaran Akhlak Berbasis Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan dengan menggunakan analisis statistik SPSS versi 17 dengan hasil t hitung > t table (14,912 > 2,039), maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa bahan ajar efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran Akhlak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 09:02
Last Modified: 20 Mar 2023 09:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20735

Actions (login required)

View Item View Item