Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Jual Beli Dropship (Studi Kasus Group Rame-Rame Online Shop Di Perumahan Bukit Permai Jember).

Pusporani, Ajeng (2017) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Jual Beli Dropship (Studi Kasus Group Rame-Rame Online Shop Di Perumahan Bukit Permai Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ajeng Pusporani_083 102 023.pdf

Download (8MB)

Abstract

Dalam ajaran agama Islam, jual beli harus sesuai dengan syariat Islam, baik dari segi syarat maupun rukunnya. Jual beli yang tidak memenuhi syarat dan rukun jual beli akan berakibat tidak sahnya jual beli yang dilakukan. Dropship adalah penjualan produk yang memungkinkan dropshipper menjual barang ke pembeli dengan bermodalkan foto dari supplier atau toko (tanpa harus menyetok barang) dan menjual ke pembeli dengan harga yang ditentukan oleh dropshipper. Setelah pembeli mentransfer uang kerekening dropshipper, dropshipper membayar kepada supplier sesuai dengan harga beli dropshipper (ditambah ongkos kirim ke pembeli) serta memberikan data-data pembeli (nama, alamat, nomer ponsel) kepada supplier,karena dengan adanya data ini maka supplier akan mengirimkan barang kepada konsumen dengan menggunakan nama dropshipper. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi sistem jual beli dropship di group Rame-Rame online shop? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap implementasi jual beli dengan model dropshipping di group Rame-Rame online shop? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan implementasi jual beli dengan dropship di group Rame-Rame online shop. 2) Untuk mendeskripsikan tentang tinjauan hukum Islam terhadap implementasi jual beli dengan model dropshipping di group Rame-Rame Online Shop. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, maka dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan melakukan pengecekan keabsahan data melalui beberapa sumber. Hasil dari peneliti ini adalah 1) implementasi dalam jual beli dropship yang digunakan dalam groupRame-Rame online shop dilakukan di group Rame-Rame Online Shop ada beberapa tahapan yaitu pemesanan atau order, pembayaran, status pemesanan, pengiriman barang, penerimaan barang dan return. 2) Tinjauan hukum Islam di dalam group Rame-Rame online shop hukumnya boleh karena terdapat akad salam, khiyar majlis dan khiyar aib didalamnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 20 Mar 2023 09:02
Last Modified: 20 Mar 2023 09:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20736

Actions (login required)

View Item View Item