Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaranpai Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di Smp Negeri 2 Mlandingan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2014/2015

Suliyana, Ms. (2015) Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaranpai Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di Smp Negeri 2 Mlandingan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Suliyana_084 093 092.pdf

Download (635kB)

Abstract

Pendidikan karakter mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun mutu sumber daya manusia, pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Tujuannya adalah membentuk pribadi siswa, supaya menjadi manusia yang lebih baik, warga masyarakat dan warga negara yang baik. Keterkaitan karakter dengan akhlak dapat terlihat bahwa pendidikan karakter mempunyai orientasi yang sama dengan pendidikan akhlak, yaitu pembentukan karakter. Perbedaannya bahwa pendidikan akhlak terkesan timur dan Islam, sedangkan pendidikan karakter terkesan barat dan sekuler, tapi bukan alasan untuk dipertentangkan. Pada kenyataannya, keduanya memiliki ruang untuk saling mengisi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa tidak ada perbedaan yang mendasar antara akhlak dan karakter/budi pekerti. Keduanya bisa dikatakan sama. Dalam hal ini pendidikan karakter yang difokuskan dari 18 karakter bangsa yang ada adalah pendidikan karakter religius, karakter jujur, karakter tanggung jawab, karakter disiplin, dan karakter kerja keras. Dari fokus karakter tersebut diharapkan dapat menjadi tolak ukur perubhan pada akhlakul karimah siswa. Selanjutnya, fokus masalah dalam penelitian ini ialah implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran PAI dalam membentuk akhlak siswa di SMPN 2 Mlandingan kabupaten Situbondo Tahun pelajaran 2014/2015”. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dan tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi dalam menentukan subjek penelitian. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisa deskriftif naratif, yaitu dengan mendeskripsikan masalah kemudian menarasikannya melalui hasil yang didapat dari subyek penelitian serta dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, klasifikasi, analisa data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan bahwa, secara umum implementasi pendidikan karakter dalam meningkatkan akhlak siswa pada digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Mlandingan situbondo sangat berdampak positif bagi siswa, dibuktikan dengan adanya perubahan sikap, tingkah laku atau akhlakul karimah siswa yang baik serta dengan di terapkannya kegiatan dan pembiasaan untuk mendukung terwujudnya nilai karakter bangsa tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 09:01
Last Modified: 20 Mar 2023 09:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20739

Actions (login required)

View Item View Item