Implementasi Manajemen Hubungan Masyarakat (Humas) Di MA Miftahul Ulum Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Sumaidah, Ms. (2015) Implementasi Manajemen Hubungan Masyarakat (Humas) Di MA Miftahul Ulum Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Sumaidah_O84 113 002.pdf

Download (2MB)

Abstract

ManajemenHubunganMasyarakatadalahmanajemen yang mengaturhubunganantaralembagadanmasyarakat.ManajemenHubunganMasyaraka tmempunyaiperan yangcukupbesarbagiperkembangansuatulembaga, karenabagaimanapunjugasuatulembagatidakmungkinberkembangdenganbaiktanpa adanyahubunganbaikdenganmasyarakatdisekitarnya.Lembagapendidikan Islam (Madrasah) merupakansuatusistem yang terbuka, sebagai sistem terbuka Madrasah pastiakanmengadakanhubungandenganmasyarakatdisekelilingnya.Madrasah yang majupastiakanbanyakmengadakanhubungandenganlembaga-lembaga lain diluar Madrasah. Salah satu Madrasah yang mengadakanhubungandenganmasyarakatdanlembaga-Lembagalainyaitu MA MiftahulUlum Suren KecamatanLedokomboKabupatenJember. Fokuspenelitiandalamskripsiiniyaitu, 1) Bagaimanaperencanaanhubunganmasyarakat di MA MiftahulUlum Suren KecamatanLedokomboKabupatenJemberTahunPelajaran 2014/2015?2) BagaimanaPengorganisasianhubunganmasyarakat di MA MiftahulUlum Suren KecamatanLedokomboKabupatenJemberTahunPelajaran 2014/2015? 3) Bagaimanapenggerakanhubunganmasyarakat di MA MiftahulUlum Suren KecamatanLedokomboKabupatenJemberTahunPelajaran 2014/2015? 4) BagaimanapengawasanhubunganMasyarakat di MA MiftahulUlum Suren KecamatanLedokomboKabupatenJemberTahunPelajaran 2014/2015? Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianlapan gan, dandalampenelitianinimenggunakanpurposive sampling yang dalamteknisnyamemilih orang-orang yang paling mengertidenganobjek yang akanditeliti. Pengumpulandatanyamenggunakanmetodeobservasi, wawancaradandokumentasi.Untukkeabsahandatanyamenggunakanmetodevaliditas triangulasisumber.Langkah-langkah yang digunakanaadalahmereduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Kesimpulandaripenelitianiniadalah1)Perencanaan hubungan masyarakat di MA Miftahul Ulum Suren sudah sesuai dengan harapan yaitu bahwasannya masyarakat desa suren untuk menyekolahkan putra putrinya ke MA Miftahul Ulum Suren. 2) Pengorganisasian hubungan masyarakat di MA Miftahul Ulum Suren, meliputi: merinci pekerjakan, membagi pekerjaan, penyatuan pekerjaan, pengkoordinasian suatu pekerjaan dengan pekerjaan yang laindan kegiatan monitoring. 3) Proses penggerakan humas yang dilakukan melibatkan orangorang yang ditunjuk dalam bidang humas dan dibantu oleh para guru dan karyawan dengan cara selalu berkomunikasi dengan lingkungan masyarakat. 4) Proses pengawasn humas diantaranya perencanaan tahunan kemudian berkoordinasi dengan waka kesiswaan dan panitia penerima siswa baru untuk melihat data sejauh mana pencapaian yang sudah diperoleh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 09:01
Last Modified: 20 Mar 2023 09:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20740

Actions (login required)

View Item View Item