Motivasi Guru Dan Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Sumber Jambe Jember Tahun Pelajran 2014/ 2015.

Sunarmi, Ms. (2015) Motivasi Guru Dan Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Sumber Jambe Jember Tahun Pelajran 2014/ 2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Sunarmi_084 101 278.pdf

Download (2MB)

Abstract

Disiplin belajar merupakan suatu kondisi yang sangat penting dan menetukan keberhasilan seorang peserta didik dalam proses belajarnya. Disiplin merupakan titik pusat dalam pendidikan, tanpa disiplin tidak akan ada kesepakatan antara guru dan siswa yang mengakibatkan prestasi yang dicapai kurang optimal terutama dalam belajar. Fokus Penelitian yang diteliti adalah Bagaimana motivasi guru dan peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Sumber Jambe Jember Tahun Pelajran 2014/ 2015. Sub Fokus Penelitian, 1) Bagaimana motivasi guru dan peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan belajar dengan mengoptimalkan faktor instrinsik peserta didik di SMP Negeri 1 Sumber Jambe Jember Tahun Pelajran 2014/ 2015. 2) Bagaimana motivasi guru dan peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan belajar dengan mengoptimalkan faktor ekstrinsik peserta didik di SMP Negeri 1 Sumber Jambe Jember Tahun Pelajran 2014/ 2015. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan motivasi guru dan peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Sumber Jambe Jember Tahun Pelajran 2014/ 2015.Tujuan Khusus 1) Untuk mendeskripsikan motivasi guru dan peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan belajar dengan mengoptimalkan faktor instrinsik peserta didik di SMP Negeri 1 Sumber Jambe Jember Tahun Pelajran 2014/ 2015. 2) Untuk mendeskripsikan motivasi guru dan peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan belajar dengan mengoptimalkan faktor ekstrinsik peserta didik di SMP Negeri 1 Sumber Jambe Jember Tahun Pelajran 2014/ 2015. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Dalam keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan umum yaitu Motivasi guru dan peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Sumber Jambe Jember. Dari faktor instrinsik selain faktor yang ada dalam diri peserta didik itu sendiri, peran guru sangat penting dalam memberikan dorongan atau motivasi untuk menumbuhkan minat peseerta didik. Dan dari faktor ektrinsik selain peran guru, orang tua dan lingkungan yang berpengaruh terhadap kedisiplinan peserta didik, sarana dan prasarana atau media menjadi penunjang dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 09:01
Last Modified: 20 Mar 2023 09:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20742

Actions (login required)

View Item View Item