Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Melalui Asuransi Pembiayaan Di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Area Jember

Sutini, Ms. (2017) Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Melalui Asuransi Pembiayaan Di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Area Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Sutini_083 133 192.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sejak tahun 2004 diawal berdirinya Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember sudah menerapkan bancassurance. Tingkat risiko pembiayaan yang disalurkan setiap tahun meningkat dikarenakan Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember setiap tahun mempunyai jumlah nasabah yang cukup besar. Pada tahun 2017 sudah mencapai 90%. Sehingga risiko yang ditanggung pun juga besar. Dalam hal ini manajemen risiko di Bank Syariah Mandiri Kantor Area jember dipandang memiliki peran yang sangat signifikan dalam proses bancassurance. Keberhasilan dan kegagalan dalam proses bancassurance Bank Syariah Mandiri tergantung pada proses manajemen risiko. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: a) bagaimana kriteria pembiayaan BSM Kantor Area Jember yang di cover oleh asuransi pembiayaan?. b) bagaimana proses negosiasi dan pengalihan risiko BSM Kantor Area Jember dengan asuransi pembiayaan?. c) bagaimana identifikasi dan evaluasi BSM Kantor Area Jember terhadap risiko pembiayaan melalui asuransi pembiayaan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: a) Untuk mendeskripsikan kriteria pembiayaan BSM Kantor Area Jember yang di cover oleh asuransi pembiayan. b) Untuk mendeskripsikan proses negosiasi dan pengalihan risiko BSM Kantor Area Jember dengan asuransi pembiayaan. c) Untuk mendeskripsikan identifikasi dan evaluasi BSM Kantor Area Jember terhadap risiko pembiayaan melalui asuransi pembiayaan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian field research, yaitu penelitian ini lebih menitikberatkan kepada hasil pengumpulan data dari informan yang telah ditentukan di Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BSM Kantor Area Jember mengcover terutama untuk jaminan ada dua, yaitu: Asuransi jiwa dan asuransi kerugian. Kriteria pembiayaan yang dicover tergantung syarat dan jumlah jaminan pembiayaan. Proses negosiasi dilakukan sebelum kontrak/perjanjian di buat antara BSM Kantor Area Jember dengan asuransi, guna untuk mengetahui kriteria pembiayaan pada asuransi. Seperti biaya premi, syarat-syarat pengajuan Klaim dan terbitnya polis. Pengalihan risiko dilakukan dengan dua tindakan yaitu: a) melakukan kerjasama dengan perusahaan asuransi. b) Mengajukan form pada asuransi. Setelah melakukan pengalihan risiko langkah selanjutnya yaitu mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko yang terjadi dengan mengadakan program manajemen risiko, yaitu: Identifikasi risiko pembiayaan, Pengukuran risiko pembiayaan, Pemantaun risiko pembiayaan, dan Pengendalian risiko pembiayaan. Kata kunci: Manajemen Risiko, Asuransi Pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 09:01
Last Modified: 20 Mar 2023 09:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20746

Actions (login required)

View Item View Item