Pengaruh PDRB per kapita, Pendapatan Asli Daerah, Jumlah Tenaga Kerja dan Angka Kemiskinan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Banyuwangi tahun 2006-2015.

Yulianah, Ms. (2017) Pengaruh PDRB per kapita, Pendapatan Asli Daerah, Jumlah Tenaga Kerja dan Angka Kemiskinan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Banyuwangi tahun 2006-2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. YULIANAH_083134005.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi adalah sebagian dari perkembangan kesejahteraan masyarakat yang diukur dengan besarnya pertumbuhan produkdomestik regional bruto per kapita (PDRB). Tingginya tingkat pertumbuhan ekonomi ditunjukkan dengan tingginya nilai PDRB yang menunjukkan bahwa daerah tersebut mengalami kemajuan dalam perekonomian. Pembangunan daerah diharapkan akan membawa dampak positif pula terhadap pertumbuhan ekonomi. Banyuwangi merupakan kabupaten yang menduduki peringkat ke 9 dari 38 kabupaten dan 9 kota yang ada di Jawa Timur. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: pokok masalah a. Adakah pengaruh PDRB Perkapita, penghasilan asli daerah (PAD), jumlah tenaga kerja dan angka kemiskinan secara simultan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kab. Banyuwangi tahun 2006-2015? b. Adakah pengaruh PDRB Perkapita, penghasilan asli daerah (PAD), jumlah tenaga kerja dan angka kemiskinan secara parsial terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banyuwangi tahun 2006- 2015? c. Variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap varibel pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banyuwangi tahun 2006-2015? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah a. Untuk mengetahui ada pengaruh PDRB Perkapita, penghasilan asli daerah (PAD), jumlah tenaga kerja dan kemiskinan secara simultan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banyuwangi tahun 2006-2015. b. Untuk mengetahui ada pengaruh PDRB Perkapita, penghasilan asli daerah (PAD), jumlah tenaga kerja dan kemiskinan secara parsial terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banyuwangi tahun 2006-2015. Adapun metodologi dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan data sekunder. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini berupa data yang sudah di publikasikn oleh Badan Pusat Satatistik kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan data tahunan yaitu dari tahun 2006-2015. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda. Hasil estimasi dari data menggunakan uji F (simultan) menunjukkan bahwa PDRB Perkapita, penghasilan asli daerah (PAD), jumlah tenaga kerja dan kemiskinan secara bersama-sama berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banyuwangi dibuktikan dengan nilai signifikansi yang dihasilkan lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,035. Sedangkan untuk hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa semua variabel bebas tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 20 Mar 2023 09:02
Last Modified: 20 Mar 2023 09:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20750

Actions (login required)

View Item View Item