Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Besuk Probolinggo

Munawwaroh, Izzatul (2023) Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Besuk Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IZZATUL MUNAWWAROH_T20193053.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peran kepala madarasah merupakan salah satu komponen pelaksana dalam pendidikan yang memiliki peran penting dan bertanggung jawab untuk menjadi pemimpin serta mampu menerapkan kebijakan sesuai dengan fungsinya sebagai pimpinan, dan juga kepala madrasah dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan kinerja seorang guru.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai edukator dalam meningkatkan kinerja guru pada pelaksanaan pembelajaran yang berbasis teknologi informasi di Madrasah Aliyah Besuk Probolinggo? 2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai inovator dalam meningkatkan kinerja guru pada pelaksanaan pembelajaran yang berbasis teknologi informasi di Madrasah Aliyah Besuk Probolinggo? 3) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru pada pelaksanaan pembelajaran yang berbasis teknologi informasi di Madrasah Aliyah Besuk Probolinggo.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai edukator dalam meningkatkan kinerja guru pada pelaksanaan pembelajaran yang berbasis teknologi informasi di Madrasah Aliyah Besuk Probolinggo. 2) untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai inovator dalam meningkatkan kinerja guru pada pelaksanaan pembelajaran yang berbasis teknologi informasi di Madrasah Aliyah Besuk Probolinggo. 3) untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru pada pelaksanaan pembelajaran yang berbasis teknologi informasi di Madrasah Aliyah Besuk Probolinggo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif. Penentuan subjek penelitian ini dipilih secara Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktis Miles, Huberman dan Saldana yaitu dengan 4 langkah. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Peran kepala madrasah sebagai edukator yaitu memberikan pelatihan kepada guru khususnya dibidang IT, karena terdapat beberapa mata pelajaran yang menggunakan media yang berbasis IT terutama mata pelajaran TIK. 2) Peran kepala madrasah sebagai inovator yaitu menciptakan gagasan atau ide baru agar dapat mengembangkan madrasahnya lebih bermutu salah satunya ialah Rapot Digital dan PPDB online. 3) Peran kepala madrasah sebagai motivator yaitu memberikan motivasi kepada guru dengan memberikan reward berupa penghargaan bidang teknologi digital.
Kata kunci: Peran Kepala Madrasah, Kinerja Guru, Pelaksanaan Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080611 Information Systems Theory
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Izzatul Munawwaroh
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:30
Last Modified: 21 Mar 2023 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20755

Actions (login required)

View Item View Item