IMPLEMENTASI OUTDOOR LEARNING DENGAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SUB MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI MTs MARDLATILAH PAMEKASAN

Dafir, Ali (2023) IMPLEMENTASI OUTDOOR LEARNING DENGAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SUB MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI MTs MARDLATILAH PAMEKASAN. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ALI DAFIR_T201810036.pdf

Download (11MB)

Abstract

Ali Dafir, 2023 : Implementasi Outdoor Learning Dengan Sumber Belajar Lingkungan Sekolah Pada Sub Materi Klasifikasi Tumbuhan Di Mts Mardlatilah Pamekasan.
Kata Kunci: Outdoor Learning, Klasifikasi Tumbuhan.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya fasilitas sekolah dalam proses pembelajaran IPA yang berbasis praktikum. Hal tersebut merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan proses pembelajaran tidak berjalan secara efektif. Salah satu cara alternatif yang diterapkan tersebut dapat menjadi solusinya dengan mnerapan pembelajaran Outdoor Learning yang merupakan suatu metode pembelajaran interaksi atau cara mengajar yang berpangkal pada penggunaan lingkungan sekitar sebagai penggantinya. Sehingga proses pembelajaran tersebut tetap berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan materi pembelajaran.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1). Bagaimana perencanaan pembelajaran outdoor learning dengan sumber belajar lingkungan sekolah pada sub materi klasifikasi tumbuhan di MTs Mardlatilah Pamekasan. (2). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran outdoor learning dengan sumber belajar lingkungan sekolah pada sub materi klasifikasi tumbuhan di MTs Mardlatilah Pamekasan. (3). Bagaimana evaluasi pembelajaran outdoor learning dengan sumber belajar lingkungan sekolah pada sub materi klasifikasi tumbuhan di MTs Mardlatilah Pamekasan. Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu: (1). Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran outdoor learning sebagai sumber belajar lingkungan sekolah pada materi klasifikasi tumbuhan di MTs Mardlatilah Pamekasan. (2). Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran outdoor learning sebagai sumber belajar lingkungan sekolah pada materi klasifikasi tumbuhan di MTs Mardlatilah Pamekasan. (3). Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran outdoor learning dengan sumber belajar lingkungan sekolah pada sub materi klasifikasi tumbuhan di MTs Mardlatilah Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi non partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:pertama, proses perencanaan pembelajaran outdoor learning yaitu cara alternatif dalam mempertimbangkan pembelajaran yang terdapat hambatan dalam prosesnya. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan outdoor learning yang dilakukan secara variatif sangatlah membuat antusias dan semangat siswa bertambah, sehingga siswa lebih mudah memahami pembelajaran. Ketiga. Pengevaluasian dalam penggunaan keefektifan pembelajaran Outdoor Learning ini melalui evaluasi antar guru dan hasil penelaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ali Dafir Rosyid
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:24
Last Modified: 21 Mar 2023 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20760

Actions (login required)

View Item View Item