Rekrutmen dan seleksi pendidik dalam mengembangkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Mukhtar Syafaat Blokagung Tegalsari Banyuwangi

Aini, Siti Fatikhah Nur and Muhith, Abd and Umam, Khotibul (2023) Rekrutmen dan seleksi pendidik dalam mengembangkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Mukhtar Syafaat Blokagung Tegalsari Banyuwangi. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Fatikhah Nur Aini_203206010031.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Aini, Siti Fatikhah Nur. 2023. “Rekrutmen dan Seleksi Pendidik dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyyah Mukhtar Syafaat Blokagung Tegalsari Banyuwangi” Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I : Dr. Abd. Muhith, S.Ag, M.Pd.I Pembimbing II : Dr. H. Khotibul Umam, M.A.
Kata kunci: Rekrutmen, Seleksi, Mutu Pendidikan
Rekrutmen dan seleksi pendidik merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan suatu lembaga pendidikan. Rekrutmen yang dilakukan tidak hanya sekedar mengisi kekosongan pegawai atau sekedar mendapatkan pendidik, dengan tahap selanjutnya yakni proses seleksi diharapkan bisa mendapatkan pendidik berdedikasi dibidangnya, sehingga dapat mengembangkan mutu pendidikan sekolah tersebut. Pendidik yang berkualitas bisa diperoleh melalui proses rekrutmen dan seleksi yang baik. Dalam kondisi tersebut tim rekrutmen di MTs Mukhtar Syafaat berusaha untuk mendapatkan pendidik yang berkualitas bagus.
Penelitian ini memfokuskan pembahasan pada: (1) Bagaimana rekrutmen pendidik dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTs Mukhtar Syafaat Blokagung Tegalsari Banyuwangi?; (2) Bagaimana seleksi pendidik dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTs Mukhtar Syafaat Blokagung Tegalsari Banyuwangi?; (3) Bagaimana evaluasi hasil rekrutmen dan seleksi pendidik dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTs Mukhtar Syafaat Blokagung Tegalsari Banyuwangi?. Adapun tujuan penelitian ini: (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis rekrutmen pendidik dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTs Mukhtar Syafaat Blokagung Tegalsari Banyuwangi; (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis seleksi pendidik dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTs Mukhtar Syafaat Blokagung Tegalsari Banyuwangi; (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi rekrutmen dan seleksi pendidik dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTs Mukhtar Syafaat Blokagung Tegalsari Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model analisis deskriptif dengan interaktif Miles-Huberman dan Saldana yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan membercheck.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Rekrutmen pendidik dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTs Mukhtar Syafaat Blokagung Tegalsari Banyuwangi: (a) Identifikasi kebutuhan; (b) Rekrutmen dikoordinir Yayasan; (c) Rekrutmen secara tertutup; (d) Identifikasi calon pendidik. (2) Seleksi pendidik dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTs Mukhtar Syafaat Blokagung Tegalsari Banyuwangi: (a) Seleksi oleh Yayasan; (b) Pemeriksaan berkas administrasi; (c) Interview. (3) Evaluasi hasil rekrutmen dan seleksi pendidik dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTs Mukhtar Syafaat Blokagung Tegalsari Banyuwangi: (a) Analisis masalah; (b) Tujuan yang ingin dicapai; (c) Standar proses.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Fatikhah Nur Aini
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:33
Last Modified: 21 Mar 2023 02:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20761

Actions (login required)

View Item View Item