Pengaruh figur kyai kualitas layanan dan tarif pada loyalitas pengguna jasa serta dampaknya pada citra perusahaan pada KBIH Assunniyyah Kencong-Jember.

Musthofa H, Dovi Iwan (2018) Pengaruh figur kyai kualitas layanan dan tarif pada loyalitas pengguna jasa serta dampaknya pada citra perusahaan pada KBIH Assunniyyah Kencong-Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dovi Iwan Musthofa H._0839216003.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci : Figur Kyai, Kualitas layanan, Loyalitas, Citra perusahaan. Perusahaan yang kokoh adalah perusahaan yang memiliki banyak pelanggan yang loyal, sehingga seiring dengan banyaknya pelanggan yang loyal akan terbentuk citra bagus dari perusahaan tersebut, sehingga perusahaan diharuskan meningkakan loyalitas konsumen dengan berbagai cara yang diantaranya dengan menampilkan seorang figur agar menarik minat konsumen, dan meningkatkan kualitas layanan serta menerapkan tarif yang ideal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah yaitu apakah terdapat pengaruh figur kyai(X1) kualitas layanan(X2) dan tarif(X3) pada loyalitas pengguna jasa (Z) dan dampaknya pada Citra perusahaan(Y) pada Kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) Assunniyyah. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan explanatory research dengan sampel sebanyak 105 responden. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, variabel bebasnya terdiri dari figur kyai(X1) kualitas layanan(X2) dan tarif(X3) , sedangkan variabel intervening nya berupa loyalitas, dan variabel terikatnya adalah citra perusahaan(Y) penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan Path analisis dengan uji F dan uji t. pengujian hipotesis dilakukan dengan bantuan softwhare Statistical Package for the Social Sciences for windows Versi 16. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh figur kyai terhadap loyalitas pengguna jasa signifikan dengan koefisiensi jalur pengaruh langsung sebesar 0.178 kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengguna jasa dengan koefisiensi jalur pengaruh langsung sebesar 0.188 tarif juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengguna jasa dengan koefisiensi jalur pengaruh langsung sebesar 0.429 Sedangkan pengaruh figur kyai terhadap citra perusahaan tidak signifikan dengan koefisien pengaruh langsung sebesar -0.021Sedangkan pengaruh kualitas layanan terhadap citra perusahaan tidak signifikan dengan koefisien pengaruh langsung sebesar 0,126 Sedangkan pengaruh tarif terhadap citra perusahaan signifikan dengan koefisien pengaruh langsung sebesar 0.222 Sedangkan pengaruh tidak langsung figur kyai terhadap citra perusahaan melalui loyalitas signifikan dengan koefisien standardize sebesar 0.066 .Kualitas layanan terhadap citra perusahaan melalui loyalitas signifikan dengan koefisien standardize sebesar 0.070 Dan pengaruh tidak langsung tarif terhadap citra perusahaan melalui loyalitas signifikan dengan koefisien standardize sebesar 0.160

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:43
Last Modified: 21 Mar 2023 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20766

Actions (login required)

View Item View Item