Pemberdayaan Kewirausahaan Santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember dalam Perspektif Ekonomi Islam Tahun 2016/2017

Sumantri, Elfan (2017) Pemberdayaan Kewirausahaan Santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember dalam Perspektif Ekonomi Islam Tahun 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elfan Sumantri_ 083 122 075.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pondok Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan yang didalamnya merupakan sebuah wadah untuk mencetak generasi muda yang ahli dalam bidang ilmu pengetahuan, khususnya dalam pengetahuan agama Islam. Namun, seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju dimana persaingan khususnya dalam perekonomian sangatlah ketat. Maka peran dan fungsi Pondok Pesantren tidak lagi hanya sebagai lembaga pendidikan dan lembaga dakwah tapi juga sebaga lembaga sosial. Wujud nyata dari peran dan fungsi Pondok Pesantren sebagai lembaga sosial ekonomi, adalah mengarah pada suatu upaya peningkatan dan pengembagan potensi ekonomi masyarakat dari tingkat sangat lemah menjadi ekonomi sedang, bahkan berkembang menjadi tingkat ekonomi yang mapan. Termasuk didalamnya pengembangan ekonomi pesantren. Upaya tersebut diaplikasikan salah satunya dalam bentuk pemberdayaan kewirausahaan santri yang ada dipondok pesantren. Dari pernyataan di atas, peneliti ingin mengetahui bagaimana jika pemberdayaan kewirausahaan diterapkan di Pondok Pesantren. Dari itulah penelitian ini mengangkat judul “Pemberdayaan Kewirausahaan Santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember dalam Perspektif Ekonomi Islam” dengan (1)Fokus Penelitian, (a) Apa peran Pondok Pesantren dalam Pemberdayaan Kewirausahaan Santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember?, (b) Bagaimana Pola Pemberdayaan Kewirausahaan Santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember?, (c) Bagaimanakah Pemberdayaan Kewirausahaan Santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember dalam Perspektif Ekonomi Islam?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan Pemberdayaan Kewirausahaan Santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember dalm Perspektif Ekonomi Islam, mendiskripsikan Pola dan Peran Pondok Pesantren dalam Pemberdayaan Kewirausahaan Santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember. Penelitian ini menggunakan kualitatif diskriptif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa Pemberdayaan Kewirausahaan Santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember dalam Perspektif Ekonomi Islam dapat diterapkan. Karena sesuai dengan fungsi dan peran Pondok Pesantren. Adapun pola yang dilakukan dalam Pemberdayaan Kewirausahaan Santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Sempusari Kaliwates Jember terdiri dari Input, Proses dan Output. Sedangkan peran yang dilakukan adalah dengan mengembangkan jiwa kewirausahaan santri dengan menumbuhkan sifat kemandiriannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:43
Last Modified: 21 Mar 2023 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20767

Actions (login required)

View Item View Item