Peran Lemaga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pembangunan Desa Curahmalang Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang.

Yasak, Farida Maulana (2018) Peran Lemaga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pembangunan Desa Curahmalang Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Farida Maulana Yasak_082134001.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pembangunan pada saat ini telah berkembang sangat pesat di Indonesia,dari mulai daerah perkotaan hingga daerah perdesaan. partisipasi masyarakat merupakan faktor penting dalam pembanguan. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pembangunan dengan melibatkan lembaga kemasyarakatan tingkat desa yakni Pemberdayaan kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada pembangunan desa, melalui program yang dilaksanakan oleh PKK. Fokus penelitian ini di antaranya: 1) Bagaimana Peran Lembaga PKK dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pembangunan Desa Curahmalang Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang? 2) Bagaimana kendala yang dihadapi Lembaga PKK dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pembangunan Desa Curahmalang Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang ? Tujuan penelitian adalah: 1) Mengetahui peran Lembaga PKK dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pembangunan Desa Curahmalang Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang. 2) Mengetahui Kendala yang dihadapi Lembaga PKK dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pembangunan Desa Curahmalang Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Peran Lembaga PKK dalam meningkatkan partisipasi masyarakat menekankan prinsip pemberdayaan masyarakat melalui pemberdayaan keluarga, serta dalam tugasnya PKK Desa Curahmalang telah melaksanakan beberapa peran yaitu Peran mefasilitasi,Peran mendidik, Peran representasi, dan Peran keterampilan tehnis. 2) Kendala yang dihadapi Lembaga PKK dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pembangunan Desa Curahmalang yaitu kurangnya pelatihan pada pengurus Lembaga PKK, rendahnya tingkat pendidikan masyarakat dan yang terakhir ialah waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:43
Last Modified: 21 Mar 2023 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20768

Actions (login required)

View Item View Item