IMPLEMENTASI PENGELOLAAN BISNIS PULSA DALAM PERSPEKTIF SPIRITUALITAS ISLAM (Studi Pada Mabruk Pulsa Karang Mluwo Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember).

Nurjannah, Feby (2019) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN BISNIS PULSA DALAM PERSPEKTIF SPIRITUALITAS ISLAM (Studi Pada Mabruk Pulsa Karang Mluwo Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Feby Nurjannah_083144177.pdf

Download (6MB)

Abstract

Mabruk Pulsa adalah sebuah usaha perorangan yang menerapkan nilai-nilai siritualitas Islam dalam berbisnis. Hal ini berangkat dari sebuah keyakinan bahwa setiap kegiatan yang dilakukan tidak bisa begitu saja lepas dari unsur-unsur ketuhanan. Unsur tersebut tidak hanya dipergunakan saat melangsungkan kegiatan ubudiyah, tetapi juga berlaku bagi setiap hal yang dilakukan manusia termasuk menjalankan bisnis. Seorang pengusaha yang menyertakan Tuhan dalam menjalankan usahanya, maka potensi untuk meraih kesuksesan menjadi mutlak. Kini bisnis tidak hanya bermanfaat sebagai media meraup keuntungan, namun juga dapat digunakan sebagai sarana untuk menebarkan kebaikan kepada sesama. Fokus penelitian ini terdiri dari dua hal, yaitu (1) Bagaimana pengelolaan bisnis Mabruk Pulsa di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember? (2) Bagaimana implementasi nilai-nilai spiritualitas Islam dalam pengelolaan bisnis Mabruk Pulsa di Kelurahan Mangli?. Sementara tujuan penelitian juga meliputi dua hal, yakni (1) Untuk mendeskripsikan pengelolaan bisnis Mabruk Pulsa di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember (2) Untuk mengetahui implementasi nilai-nilai spiritualitas Islam dalam pengelolaan bisnis Mabruk Pulsa di Kelurahan Mangli. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian field research. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sementara pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data, peneliti ini menggunakan analisis deskriptif model analisis Miles and Huberman. Adapun untuk menguji keabsahan, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Penelitian ini menghasilkan (1) Pengelolaan usaha Mabruk Pulsa yang terdiri dari Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengarahan, dan Pengawasan usaha (2) Terdapat nilai-nilai spiritualitas Islam dalam menjalankan bisnis di Mabruk Pulsa yang terdiri dari nilai ketauhidan/Aqidah, Tahqiq ‘Adl (Mewujudkan Keadilan), As-Siddiq (Transparansi), Ta’awun (Tolong Menolong), dan Kerendahan Hati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:43
Last Modified: 21 Mar 2023 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20769

Actions (login required)

View Item View Item