PRAKTIK JUAL BELI BARANG RUMAH TANGGA DENGAN SISTEM KREDIT DI DESA BAGOREJO KECAMATAN GUMUKMAS KABUPATEN JEMBER DALAM TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM.

Rozi, Fendi Fathur (2018) PRAKTIK JUAL BELI BARANG RUMAH TANGGA DENGAN SISTEM KREDIT DI DESA BAGOREJO KECAMATAN GUMUKMAS KABUPATEN JEMBER DALAM TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fendi Fathur Rozi_083 122 061.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam Era Globalisasi dewasa ini, perkembangan perekonomian dunia begitu pesat, seiring dengan berkembang dan meningkatnya kebutuhan manusia akan sandang, pangan, dan teknologi. Kebutuhan tersebut meningkat sebagai akibat jumlah penduduk yang setiap tahun terus bertambah, sehingga menimbulkan persaingan bisnis makin tinggi. Hal ini terlihat dari upaya-upaya yang dilakukan masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup. Akibat lebih lanjut dari perkembangan tersebut meningkatkan hubungan antara masyarakat, tidak saja antara penduduk dalam satu negara, akan tetapi antara warga negara di dunia. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana praktek dan akad jual beli barang rumah tangga dengan sistem kredit di Desa Bagorejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember? 2) Bagaimana latar belakang terjadinya jual beli barang rumah tangga dengan sistem kredit di Desa Bagorejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember? 3) Bagaimana pandangan etika bisnis islam terhadap praktik jual beli barang rumah tangga dengan sistem kredit di Desa Bagorejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan praktek dan akad jual beli barang rumah tangga dengan sistem kredit di Desa Bagorejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan latar belakang terjadinya jual beli barang rumah tangga dengan sistem kredit di Desa Bagorejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember.3) Untuk mendeskripsikan pandangan etika bisnis islam terhadap praktik jual beli barang rumah tangga dengan sistem kredit di Desa Bagorejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif denganjenispenelitiannya adalah studi lapangan (Field research).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumenter. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan paparan temuan penelitian tentang Praktek dan akad jual beli barang rumah tangga dengan sistem kredit di Desa Bagorejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember dapat di simpulkan sebagai berikut; pertama, adanya saling percaya antara penjual dan pembeli, kedua, kemudahan dalam sistem kredit, ketiga, angsuran kecil, dan keempat,pembayaran tidak mengikat. 2) Berdasarkan paparan temuan tentang latar belakang terjadinya jual beli barang rumah tangga dengan sistem kredit di Desa Bagorejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember diantaranya adalah sebagai berikut; pertama, kebutuhan hidup, kedua, kebiasaan berprilaku konsumtif. 3) Berdasarkan paparan temuan tentang pandangan etika bisnis islam terhadap praktik jual beli barang rumah tangga dengan sistem kredit di Desa Bagorejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember sebagai berikut; pertama, penampilan menarik dalam mempromosikan barang, kedua, sopan dalam penyampaian kepada warga, ketiga, dalam pandangan hukum boleh saja melakukan jual beli dengan sistem kredit. Kata Kunci : Praktik Jual Beli, Sistem Kredit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:44
Last Modified: 21 Mar 2023 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20770

Actions (login required)

View Item View Item