Implementasi Akad Mudharabah Dalam Pengelolaan Dana Asuransi Pendidikan Perspektif Fatwa DSN-MUI Di Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera Syariah Jember)

Paramudita, Junia (2015) Implementasi Akad Mudharabah Dalam Pengelolaan Dana Asuransi Pendidikan Perspektif Fatwa DSN-MUI Di Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera Syariah Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Junia Paramudita_ 083 112 029.pdf

Download (36MB)

Abstract

Asuransi syariah adalah penghayatan terhadap semangat saling bertanggung jawab, kerjasama dan perlindungan dalam kegiatan-kegiatan masyarakat, demi terciptanya kesejahteraan ummat dan masyarakat pada umumnya. Latar belakang dari penelitian ini yaitu, ditengah-tengah gencarnya perbincangan tentang lembaga asuransi yang menuai kontrofersi tentang mekanisme pengelolaan dananya yang dianggap mengandung unsur maghrib (maisir, gharar, dan riba), AJB Bumiputera berusaha menjawab beberapa keraguan yang ada dikalangan masyarakat dengan memperkenalkan produk asuransi yang didasarkan pada nilai-nilai keislaman didalamnya, diantaranya produk asuransi dana pendidikan dengan beberapa sistem yang ada, yakni dengan menerapkan akad tabbaru’ dan mudharabah didalamnya. Oleh karena kenyataan diatas inilah yang kemudian membuat penulis tergerak untuk menganalisis tentang pengelolaan dana asuransi pendidikan, yang ada dilapangan apakah sama dengan konsep yang ada. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana implementasi akad mudharabah dalam pengelolaan dana produk asuransi pendidikan di AJB Bumiputera Syariah Jember?. 2) Bagaimana implementasi akad mudharabah dalam pengelolaan dana produk asuransi pendidikan di AJB Bumiputera Syariah Jember dalam prespektif Fatwa DSN-MUI? Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi akad mudharabah dalam pengelolaan dana produk asuransi pendidikan di AJB Bumiputera Syariah Jember. Sekaligus untuk mendeskripsikan implementasi akad mudharabah dalam pengelolaan dana produk Asuransi Pendidikan di AJB Bumiputera Syariah dalam perspektif Fatwa DSN-MUI. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, yakni dengan menganalisis implementasi dari akad mudharabah sekaligus hukum dari penerapan akad mudharabah tersebut. Adapun tehnik pengumpulan data dengan obseravasi, wawancara, dan dokumntasi. Sehingga peneliti ini memperoleh kesimpulan 1) Implementasi Akad Mudharabah pada asuransi terjadi dalam dua keadaan, yaitu dalam penyerahan premi oleh peserta kepada perusahaan asuransi dan dalam investasi dari perusahaan asuransi kepada investor. Dimana perusahaan bertindak sebagai mudharib, sedangkan peserta brtindak sebagai rab al-mal atau shahib al-mal pembayaran klaim oleh perusahaan asuransi. 2) Dalam persepektif fatwa DSN- MUI Asuransi Syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antara sejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah hukum Islam akad Mudharabah di AJB Bumiputera Syariah Jember tidak menyalahi ketentuan Hukum Syara’, karena implementasi akadnya sudah sesuai dengan konsep yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:44
Last Modified: 21 Mar 2023 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20772

Actions (login required)

View Item View Item