Analisis PSAK 109 Terhadap Penerapan Akuntansi Zakat di Lembaga Amil Zakat RIZKI Jember Periode 2015.

Fadhil, M. Robiul (2016) Analisis PSAK 109 Terhadap Penerapan Akuntansi Zakat di Lembaga Amil Zakat RIZKI Jember Periode 2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Robiul Fadhil_083 112 073.pdf

Download (6MB)

Abstract

Keberadaan lembaga amil zakat yang semakin maju dan komplek, sangat penting untuk diperhatikan dan baik dari segi kegiatannya maupun perlakuan dan penerapan akuntansinya. Dan zakat yang diterima dan disalurkan harus memiliki sistem akuntansi yang baik dan transparan. Yaitu membuat laporan keuangan yang sesuai dengan standar PSAK 109 tentang akuntansi zakat dan infa/sedekah. Maka dari itu peneliti memfokuskan penelitian dalam skripsi ini pada: (1) Bagaimana penerapan akun neraca pada PSAK 109 di LAZ Rizki? (2) Bagaimana penerapan akun laporan perubahan dana pada PSAK 109 di LAZ Rizki? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan laporan posisi keuangan dan laporan perubahan dana serta meneliti penerapan akuntansi zakat dan kebijakan akuntansi yang digunakan oleh Lembaga Amil Zakat RIZKI Jember. yang akan dideskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa untuk memberikan gambaran sejelas mungkin. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam menggali dan menjawab fokus penelitian yaitu dengan pendekatan kualitatif serta dalam mengumpulkan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumenter, dan trianggulasi yaitu melihat fakta dan data hasil penelitian tersebut dan dianalisis dengan hukum Islam yang bersifat umum kemudian data dianalisa dengan deskriptif kualitatif diakhiri dengan kesimpulan. Dari hasil yang telah diperoleh peneliti hanya dibatasi dua akun saja yaitu laporan posisi keuangan dan laporan perubahan dana. Penerapan akuntansi dalam proses pelaporannya LAZ RIZKI Jember pada akun laporan keuangan (Neraca) dan akun laporan perubahan dana LAZ RIZKI Jember tidak sesuai dengan PSAK 109. Oleh karena itu laporan posisi keuangan (Neraca) dan laporan perubahan dana di LAZ RIZKI Jember belum menerapkan PSAK 109.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150199 Accounting, Auditing and Accountability not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:45
Last Modified: 21 Mar 2023 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20777

Actions (login required)

View Item View Item