“Pelaksanaan Hak Dan Kewajiban Suami-Isteri pada masa Studi Perspektif Hukum Islam.(Studi Kasus Di Kampus IAIN Jember Mahasiswa angkatan 2011)

Didik, Mr (2015) “Pelaksanaan Hak Dan Kewajiban Suami-Isteri pada masa Studi Perspektif Hukum Islam.(Studi Kasus Di Kampus IAIN Jember Mahasiswa angkatan 2011). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Didik_083 111 006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada era modern seperti sekarang ini dengan peradaban yang semangkin berkembang tidak sedikit sekali mahasiswa yang menikah pada masa studi. Realiatanya suami tersebut tidak bisa atau mahasiswa tersebut tidak bisa memenuhi hak dan kewajibannya sebagai seorang kepala rumah tangga. Karena berbagai kesibukan yang ada di kampus baik itu tentang tugas-tugas yang ada di kampus bahkan dengan kesibukannya sebagai aktifis dan juga organisasi intra dan ekstra yang ada di kampus. Dengan demikian peneliti tertarik untuk mengkaji hak Dan kewajiban suami-isteri pada masa studi. Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah terdiri dari fokus masalah sebagai berikut :Faktor-faktor yang menjadi penyebab mahasiswa IAIN Jember angkatan 2011 menikah pada masa studi.Faktor apa saja yang dapat mendukung dan menghambat pemenuhan hak dan kewajiban suami-istri pada masa studi di kalangan mahasiswa IAIN jember angkatan 2011.Bagaimana pelaksanaan hak dan kewajiban suami-istri pada masa studi perspektif hokum Islam? Sesuai dengan fokus masalah diatas, maka tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Faktor-faktor yang menjadi penyebab mahasiswa IAIN Jember angkatan 2011 menikah pada masa studi.Untuk mengetahui Faktor apa saja yang dapat mendukung dan menghambat pemenuhan hak dan kewajiban suami-istri pada masa study di kalangan mahasiswa IAIN jember angkatan 2011.untuk mengetahui pelaksanaan hak Dan kewajiban suami-isteri pada studi perspektif hukum Islam. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini adalah Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah Observasi, wawancara, Dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif deskriptif. Bagian terakhir dalam menguji data peneliti memilih keabsahan data teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa Faktor/alasan penyebab mahasiswa IAIN Jember angkatan 2011 menikah pada masa studi yaitu: Khawatir terjadi halhal yang dilarang agama. Dan kedua orang tua sama-sama mendukung. Faktorfaktor yang menjadi pendukung dan penghambat pemenuhan hak dan kewajiban. Pendukung kebutuhan tersebut sebagian besar adalah pemberian dari orang tua mereka. Dan yang menjadi penghambat mahasiswa tersebut belum kerja dan belum mempunyai pekerjaan yang tetap. Pelaksanaan hak dan kewajiban suami isteri pada masa studi. Tidak bertentangan dengan Hukum Islam karena di lihat dari faktor terjadinya perkawinan sudah sesuai dengan ajaran Islam dan dilihat dari pemenuhan kebutuhan sandang, pangan dan papan telah terpenuhi meskipun atas pemberian orang tua karena tidak ada ketentuan bahwa wajibnya suami menafkahi istrinya harus berasal dari hasil kerja suami, tetapi terserah dari mana nafkah itu diperoleh asalkan dengan jalan yang benar dan halal. Yang terpenting adalah terealisasikan nafkah tersebut kepada istri dan anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012825 Kesepakatan Pranikah (Prenuptial Agreement)
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:45
Last Modified: 21 Mar 2023 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20782

Actions (login required)

View Item View Item