Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Makanan Kemasan Kadaluwarsa (Di Toko Sembako Pasar Rambipuji Kabupaten Jember) Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

Kristanto, Pujiwati (2019) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Makanan Kemasan Kadaluwarsa (Di Toko Sembako Pasar Rambipuji Kabupaten Jember) Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Pujiwati Kristanto_. 083 142 020.pdf

Download (15MB)

Abstract

Dalam kehidupan manusia pangan merupakan kebutuhan dasar yang pemenuhannya adalah hak asasi setiap rakyat Indonesia yang harus senantiasa tersedia cukup setiap waktu, aman, tidak berbahaya, bergizi, bermutu.Karena itu perlu ada suatu sistem atau aturan yang memberikan perlindungan hukum untuk menjamin hal-hal yang mungkin saja terjadi. khususnya makanan kemasan kadaluwarsa yang masih beredar di pasar Rambipuji. Fokus masalah yang diangkat dalam penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana upaya toko sembako dalam melakukan kontrol terhadap produk makanan kemasan yang di perjualbelikan? 2) Bagaimana tanggung jawab pelaku usaha apabila terdapat konsumen yang menerima produk makanan kemasan kadaluwarsa? 3) Bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen makanan kadaluwarsa menurut UUPK ? 4) Makanan Kadaluwarsa menurut hukum ekonomi islam ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan upaya toko sembako dalam melakukan kontrol terhadap produk makanan kemasan yang diperjual belikan. 2) Mendeskripsikan praktek tanggung jawab pelaku usaha apabila terdapat konsumen yang menerima produk makanan kemasan kadaluwarsa. 3) Mendeskripsikan perlindungan hukum bagi konsumen makanan kadaluwarsa menurut UUPK. 4) Mendeskripsikan perlindungan hukum bagi konsumen makanan kemasan kadaluwarsa menurut hukum ekonomi islam. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan pendekatan penelitian kualitatif. Yaitu dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumenter. Analisis yang dilakukan yaitu analisis deskriptif, dengan menggunakan triangulasi sumber instrumen keabsahan data. Kesimpulan penelitian ini yaitu : 1) Bahwa kontrol yang dilakukan oleh pemilik toko sembako dilakukn hanya oleh sales produk makanan kemasan tersebut sehingga upaya kontrol pemilik toko sembako di pasar Rambipuji Kabupaten Jember perlu ditingkatkan lagi. 2) Upaya pertanggungjawaban terhadap konsumen makanan kemasan kadaluwarsa telah diberikan oleh Pemilik toko. Pemberian ganti rugi kepada konsumen yaitu pengantian dengan barang baru dengan jumlah dan jenis yang sama atau penggantian sejumlah uang. 3) Bahwa perlindungan hukum bagi konsumen terhadap makanan kemasan kadaluwarsa studi pada toko sembako di pasar Rambipuji, yaitu perlindungan hukum bagi konsumen di pasar tersebut belum ada, lembaga pasar tidak memberikan perlindungan kepada konsumen yang hak-haknya belum terpenuhi dan untuk konsumen yang dirugikan oleh produsen. 4) Pemilik toko sembako Pasar Rambipuji dalam melaksanakan jual-beli hendaklah berpedoman pada aturan-aturan yang telah ditentukan oleh syariat Islam sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara penjual dan pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:46
Last Modified: 21 Mar 2023 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/20788

Actions (login required)

View Item View Item